BrandzView

Bagasi Luas pada Sepeda Motor Mutlak Dibutuhkan

Kompas.com - 23/12/2013, 14:14 WIB
Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan. Donny AprilianandaBagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif – Produsen sepeda motor dalam beberapa tahun terakhir mulai memikirkan kompartemen penyimpanan barang. Dimensi tak terlalu besar pada bodi kendaraan roda dua (khususnya matik dan bebek) masih bisa ”diakali” dengan menggeser tangki bensin ke belakang buat bagasi.
Donny Apriliananda Bagasi skutik, paling tidak 8 liter.

Sepenting apa bagasi pada sepeda motor? Alfons, anggota Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), menjelaskan bahwa fitur tersebut wajib ada. ”Nggak terlalu besar nggak masalah. Peralatan wajib yang dibawa biker paling jas hujan, kunci-kunci, dan komponen cadangan. Kalau helm sudah biasa dikunci saja,” ujarnya kepada KompasOtomotif (23/12/2013).

Pentingnya keberadaan bagasi sempat mengundang komentar Kementerian Perhubungan. Dalam sebuah kesempatan, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Besty Ernani, malah menyarankan produsen membuat bagasi yang mampu memuat dua helm sekaligus! "Orang didorong selalu menggunakan helm dan tidak ada lagi alasan malas," ujarnya.

Fungsionalitas
Masalahnya, bagaimana dengan sepeda motor sport? Beberapa produsen sudah mulai menyelipkan ruang penyimpanan di balik jok. Tentu tidak besar dan tidak mungkin ”menelan” helm karena dimensi. Cukup bisa membawa jas hujan akan sangat membantu. Estetika tetap didapat, namun DNA sport kental tidak bakal hilang.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun menyikapi kebutuhan ini dengan memberikan hampir semua produknya kompartemen penyimpanan barang. Eko Prabowo, GM Pemasaran, Promosi, dan Pengembangan Komunitas YIMM mengatakan kepada KompasOtomotif, Senin (23/12/2013) bahwa ruang penyimpanan barang pada sepeda motor dipandang cukup penting, walaupun secara penggunaan diserahkan sepenuhnya kepada kebiasaan konsumen.

”DNA Yamaha terletak pada desain sporty dan kelincahan manuver. Tentu, estetika tetap menjadi pertimbangan, dan ini alasan kami tidak menyediakan fitur penyimpanan helm. Masing-masing produsen punya cara dan fitur sendiri dalam produknya, dan masing-masing punya kelebihan,” urai Eko.

Yamaha sendiri sudah pernah mengenalkan bagasi besar pada skutik pada produk Nouvo beberapa tahun silam. Saat ini, fitur ini tetap dipertahankan, misalnya pada Soul GT dengan luas 8,8 liter. Atau Mio J dengan dimensi kecil tapi punya bagasi 8 liter. Bahkan bebek terbaru, Force, punya kompartemen penyimpanan 9,2 liter.

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya