Hiriko Fold, Mobil Listrik Lipat dan Dirakit Sendiri

Kompas.com - 07/08/2012, 12:27 WIB
Pintu berada saat diparkir, bagian belakang melipat ke depan. Pengemudi dan penumpang masuk dan keluar lewat pintu depan Pintu berada saat diparkir, bagian belakang melipat ke depan. Pengemudi dan penumpang masuk dan keluar lewat pintu depan
EditorAris F Harvenda

Bilboa, KompasOtomotif - KompasOtomotif –  Suasana lalu lintas yang padat (macet) dan tempat parkir yang semakin sulit merupakan masalah utama kota-kota besar di dunia saat ini. Tidak mudah mengatasinya!
Kendati demikian, gagasan baru untuk mengatasi masalah tersebut terus bermunculan. Khususnya kendaraan bermotor yang menyebabkan kemacetan, polusi dan ruang parkir yan semakin susah. 
Salah satu yang menarik adalah yang disodorkan konsorsium oleh Hiriko dari Bilboa, Basque, Spanyol.  Konsep kendaraan yang ditawarkan juga diberi nama Hiriko dua kata dalam Basque, “hiri” (kota) dan “ko” (milik) yang diterjemahkan dari kota.
Untuk menggurang polusi, Hiriko menawarkan mobil listrik. Targetnya sebagai transportasi komuter urban. Khususnya dari rumah ke stasiun kereta api atau terminal bus dan sebaliknya.
Ciri khas yang menarik dari mobil, bukan hanya karena dimensi yang sangat munggil, panjang 2,5 meter saja jalan. Bila diparkir, bisa dilipat dan menciut menjadi 1,5 meter. Jelas ini akan memudah untuk parkir.
Berbalik arah
Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu.

Selanjutnya, pelipatan bagian belakang mobil ke depan, dikontrol secara independen oleh “roda robot”. Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur.  
Heptic Steer
Daya tarik lain dari mobil ultra-kompak ini adalah kontrol kerjanya, misalnya untuk berakselerasi, diperlambat dan  berbelok. Untuk itu digunakan setir model pesawat terbang dengan teknologi heptic steering wheel. Tepatnya setir yang bisa memberikan umpan balik atau bekerja berdasarkan tekanan dan setuhan yang diberikan oleh pengemudi.
Untuk mempercepat laju mobil, setir hanya ditekan ke depan. Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan. Praktiskan!
Pengisian cepat
Dijelaskan pula, baterai lithium-ion yang digunakan mobil ini bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga  titik pusat mobil rendah. Dengan demikian, stabilitas dijamin mantap.

Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km. Bobot total mobil ini hanya 500 kg dan didaftarkan sebagai sepeda motor empat roda, yang berarti di beberapa negara tidak perlu SIM untuk mengemudikannya.
Hiriko juga mengatakan, mobil listriknya ini telah berhasil melewati tes keselamatan dan tabrakan yang dilakukan oleh Hiriko pada awal tahun ini. Sejauh ini sudah dibuat 20 untuk dipamerkan dan dites.

Dirakit sendiri
Tiga varian yang ditawarkan terdiri dari Fold, Alai (konvertibel) dan Laga (truk kecil). Beberapa produk pertama akan dikirim pada musim panas ini kepada beberapa kota di Eropa untuk dites oleh calon pembeli  potensial.
Hiriko Fold dijawalkan mulai dijual pada 2013 dengan harga 16.00 dollar AS (Rp 152 juta). Tidak bisa dikatakan murah.

Hal menarik lainnya, konsorsium Basque  berencana menjual mobil listrik mini dalam modul “snap-together”. Artinya, dirakit di tempat mobil ini dijual. Ya...mirip dengan industri sepeda!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.