Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urban Luxury Concept, Si Mungil dari Cadillac

Kompas.com - 18/11/2010, 18:45 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Cadillac, merek premium kebanggaan Amerika Serikat, tidak mau ketinggalan menampilkan mobil konsep yang futurisik di Los Angeles Auto Show 2010 yang mulai dibuka pagi ini (waktu Indonesia) untuk wartawan. Salah satu konsep yang dijadikan primadona adalah Urban Luxury Concept. Ya, "konsep mobil mewah kecil" untuk warga metropolitan.

Melihat konsep terbaru Cadillac ini, pola pikir perancang merek premium, GM, itu boleh jadi telah berubah dan tidak lagi berpusat ke Amerika Serikat. Mereka juga sudah melirik ke negara dan kota besar lainnya di dunia, seperti Paris, Shanghai, dan London, yang gencar mempromosikan mobil kecil.

Boleh jadi, Cadillac nantinya lebih gampang masuk pasar global! "Kita juga melihat tren mobilitas di Paris, Shanghai, dan London," demikian rilis yang disampaikan Cadillac tentang mobil konsep ini.

Mungil
Aspek yang menarik dari konsep terbaru Cadillac ini, ciri khas mobil Amerika Serikat yang selalu bongsor dan mengandalkan otot (mesin besar) hilang total. Ini bisa dilihat dari dimensi: panjang 3.835 mm, jarak sumbu roda 2,467 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.446 mm. Ukurannya lebih kecil dari Suzuki Splash (panjang 3,715 mm) dan sedikit lebih besar dari Karimun Estilo.

Kendati GM mengklaim bahwa ruang interiornya lega, wartawan yang sudah melihat langsung mengatakan kabin mobil ini masih sempit kendati bisa ditumpangi empat orang dewasa. “Eksterior boleh kecil, tetapi interior lega,” ucap Clay Dean dari GM North America Advanced Design & Cadillac Brand Champion.

Pintu gunting
Ciri lain yang menarik, kedua pintu samping mobil ini membuka seperti gerakan gunting: berputar lalu ke atas dan ke depan. Alasan perancang Cadillac, pintu model ini dibuat biar pengguna tidak repot membukanya ketika parkir di daerah perkotaan yang kian sempit.

Sementara itu, pada interior tidak tampak perlengkapan kontrol kendaraan yang menonjol (mencuat), seperti tongkat transmisi dan rem tangan serta tombol-tombol kontrolnya. Sebagai pengganti, pendesain memasangkan proyektor dan layar sentuh yang menyala dengan warna tanzanite bluesh-purple. Bahkan, panel instrumen spidometer dan takometer juga berfungsi sebagai audio.

Mesin 1,0 liter
Mesin yang digunakan 1,0 liter tiga silinder dan dilengkapi dengan turbocharger (diperkirakan semula buat Chevy Volt). Prinsip mobil ini adalah hibrida dengan konsumsi bahan bakar dalam kota 24 km per liter dan jalan tol 26 km per liter. Sementara itu, detail motor listrik belum disebutkan.

Fitur lain yang akan ditambahkan adalah fungsi mesin start-stop, rem regeneratif, dan transmisi kopling ganda kering.

“Ini visi baru untuk menjawab kebutuhan orang kota,” kata Frank Suacedo, Kepala Desainer Cadillac. “Rancangan pintu sangat fungsional dengan aplikasi teknologi canggih. Mobil ini juga menggambarkan pandangan Cadillac terhadap masa yang akan datang.”

Oleh karena itu, diakui, mobil konsep ini tidak seperti Cadillac yang ditemui di jalanan untuk saat ini. Konsepnya kini seperti orang kota yang menginginkan mobil berukuran kecil, tetapi tetap bisa memperoleh kemewahan.

“Kini makin banyak pembeli menginginkan fitur premium pada mobil kecil. Solusinya, Urban Luxury Concept,” ungkap Suacedo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau