Vettel Perkasa dan Juara Dunia 2010

Kompas.com - 14/11/2010, 21:33 WIB
EditorBastian

ABU DHABI, KOMPAS.com - Balapan F1 Abu Dhabi sebagai seri pamungkas di sirkuit Yas Marina, Minggu (14/11/2010) akhirnya dimenangkan oleh Sebastian Vettel. Pebalap Red Bull Racing tampil perkasa selama 55 lap tanpa bisa diimbangi oleh lawan-lawannya dengan mencatat total waktu 1 jam 39menit 36,837 detik.

Kemenangannya ini membuat Vettel berhak menggondol juara dunia F1 2010 dengan mengumpulkan total 256 angka. Pebalap Jerman ini sangat tak percaya kalau dirinya juara dunia dan melalui radio terdengar dirinya menangis. Berarti, ia dapat melengkapi gelar ganda buat Red Bull.

Alonso yang memimpin klasemen sementara harus melepas gelar yang sudah dalam genggaman karena finish ketujuh. Sungguh menyakitkan, karena dirinya tak dapat menyelip Petrov sampai finish. Bahkan beberapa kali dirinya ke luar dari tikunngan karena  coba menekan pebalap Rusia itu.

Tampak Ferrari kalah lincah di tikungan dengan Renault. Terutama setiap ke luar tikungan tajam, Petrov bisa melesat. Boleh jadi karena Renault menggunakan sasis pendek, sementara Ferrari sasis panjang.

Yang jelas, di seri penutup ini, Red Bull Racing harus berterima kasih kepada tim Renault. Sebab, jika Hamilton tidak tertahan Kubica, besar kemungkinan ia bisa melibas Vettel. Posisi kedua baru bisa direbut Hamilton begitu Kubica masuk pit ganti ban.


JALAN LOMBA: SCHUMACHER DITABRAK
Jenson Button melakukan start yang baik, sehingga menempel di belakang rekan setimnya Hamilton. Sementara Alonso melorot keempat dan Webber berada di belakangnya.

Baru melewati beberapa tikungan, Michael Schumacher melintir ke luar tikungan 6. Dalam upaya untuk jalan lagi, dari belakang muncul Toni Liuzzi (Force India) dan menabraknya. Safety car ke luar dan masuk kembali pada lap 6.

Sampai lap9, mobil RB6 yang dikemudikan Vettel sangat kencang. Hamilton ditinggalkannya 1,66 detik. Sementara rekan setimnya, webber sempat mobilnya bergeser ketika ke luar tikungan, sehingga roda belakangnya menyentuh dinding pembatas dan mengeluarkan percikan api.

Pada lap 12, Webber melakukan pergantian ban dengan kompon super lunak. Namun saat masuk lintasan mundur jadi ke-16. Sebetulnya, dirinya bisa berada di depan Alonso ketika melakukan ganti ban pada lap 16. Sayang, Webber ketahan Alguelsuari di lap ke-13.

Sementara Alonso tertahan Petrov cukup lama. Sirkuit Yas Marina yang sulit untuk menyalip membuat pebalap Ferrari itu sabar menunggu dan mencari peluang. Sampai lap 33 Alonso masih menempel dengan jarak 0,4 detik dan harus bisa menggesernya kalau ingin juara dunia jatuh ke tangannya, Apalagi Petrov sudah masuk lap 2 ketika SC ke luar untuk ganti ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X