Tata Nano Europa di Geneva Motor Show 2009

Kompas.com - 04/03/2009, 21:42 WIB
Editor

JENEWA, RABU - Tata Motors dari India tidak mau jadi sekadar jago kandang. Setelah menggemparkan dunia dengan Tata Nano sebagai mobil termurah di dunia (US $2.500), Tata berusaha menyodorkan produknya tersebut buat pasar Eropa. Caranya, memamerkan Nano di pameran mobil akbar yang saat ini berlangsung di Jenewa, Swiss. Tahun ini merupakan untuk kedua kali Tata memajang Nano di arena tersebut.

Tahun ini, dari tiga model yang dipamerkan Tata, dua mendapat perhatian, yaitu Nano Europa dan Indica Vista EV (mobil listrik). Satu lagi adalah Prima. Dalam rilisnya Tata Motors  menjelaskan Prima adalah mobil mewah.

Diluncurkan Bulan Ini
Berdasarkan rilis Tata Motors berkenaan dengan kehadiran mereka di Geneve Motor Show 2009, Ratan N. Tata, Chairman of Tata Sons and Tata Motors, juga mengatakan bahwa Nano akan diluncurkan di India, 23 Maret mendatang.

“Mobil ini sudah bisa dipajang di dealer Tata pada minggu pertama April. Nano juga menarik banyak konsumen di negara berkembang. Kami menghadirkan Nano di Eropa sebagai pasar masa depan,” jelasnya.

Lebih Besar
Untuk Eropa dan yang dipamerkan di Jenewa, ternyata Tata membuat versi Nano khusus. Bila yang dipasarkan diIndia panjangnya 3,1 meter, untuk Eropa 3,29 meter sedangkan lebar 1,58 meter. Jarak sumbu roda juga sedikit lebih panjang, yaitu 2,28 meter.

Perbesaran ukuran tampak untuk menyesuaikan poster orang Eropa. Karena itu menurut Tata, Nano Europa interiornya dinilai lega dan cukup ruang untuk kaki. Interiornya juga dirancang ulang dengan membuat tekukan dan permukaan lebih rata halus. Meski begitu, Tata sendiri tidak merilis foto interiornya.

Perbedaan lainnya, Tata nano Europa menggunakan mesin 3 silinder yang dibuat dari aluminium MPFI (multipoint fuel injection), transmisi otomatik 5 tingkat kecepatan dan power steering. Emisi gas buang 100 gm/km.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Versi India bermesin 623 cc, 2 silinder, 2 katup per silider dan menghasilkan tenaga  33 PS dan bisa dikebut sampai 105 km/jam. Versi Eropa tidak disebutkan kapasitasnya, namun berdasarkan data yang berhasil ditelusuri Kompas.com,  mesin 3 silinder tersebut kapasitasnya 736 cc dan namun yang dihasilkannnya sama dengan versi 2 silinder.

Juga dijelaskan, Nano Europa memenuhi semua standar regulasi keselamatan. Bodinya menggunakan bahan logam dan dirancang mampu menyerap energi tabrakan. Perlengkapan yang ditawarkan, ABS, ESP dan kantung udara untuk penumpang. Nah, kalau sudah begini, apakah masih bisa dipercaya harganya US$2.500

Mobil Listrik
Satu lagi produk yang cukup mendapatkan perhatian adalah mobil listrik Indica Vista. Mobil kompak ini dapat membawa empat penumpang, punya ruang bagasi cukup besar dengan kemampuan batere untuk sekali isi, bisa untuk menempuh jharak 200 km. Akselerasi 0-60 km/jam dalam 10 detik.

Tata menggunakan batere lithium-ion superpolymer dengan energi berdensitas tinggi dibandingkan versi konvensional. Mobil listrik tersebut akan diproduksi Tata bersama dengan Miljo Grendland/Innovasjon, Norwegia. Indica EV sekarang ini lagi dites secara ekstensif di Eropa.

Sayangnya, Tata Motors tidak mencantumkan harga kedua mobil tersebu atau ancar-ancar. Padahalnya, selama ini yang mengoda dari Tata, ya... tawaran harga yang murah meriah.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.