Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Tak Mampu Menanjak, Coba Ganti BBM Lebih Berkualitas

KLATEN, KOMPAS.com - Suara ngelitik pada mesin mobil tak boleh diabaikan, pasalnya ini menjadi tanda bahwa tengah terjadi pembakaran tidak sempurna.

Pembakaran tidak sempurna berdampak pada performa mobil dalam menghasilkan tenaga, serta meningkatkan emisi karbon yang dihasilkan.

Salah satu masalah utama mesin ngelitik adalah kualitas BBM yang digunakan tak sesuai kebutuhan mesin atau sesuai rekomendasi pabrikan.

Hardi Wibowo, pemilik bengkel mobil Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, sebagian besar pabrikan memproduksi mobil dengan efisiensi tinggi serta bertenaga, sehingga membutuhkan BBM yang sesuai.

“Mobil yang seharusnya mengkonsumsi bensin dengan oktan 92 atau di atasnya tapi pengguna memilih yang lebih rendah, karena dianggap masih bisa digunakan, padahal tenaga yang dihasilkan akan berbeda,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (25/10/2024).

Hardi mengatakan, spesifikasi mesin mobil modern didesain sedemikian rupa agar tenaga optimal dan efisien. Sehingga, membutuhkan BBM yang berkualitas dan sesuai.

“Jenis BBM harus disesuaikan dengan besarnya nilai kompresi di dalam silinder, sehingga tenaga yang dihasilkan optimal, ujung-ujungnya mampu menghasilkan efisiensi, jika tidak maka tenaganya kurang nendang,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, sebaiknya konsumen mengganti jenis BBM dengan yang berkualitas agar mobil lebih mampu melibas tanjakan.

“BBM dulu diganti dengan yang berkualitas, sesuai rekomendasi, terlepas dari itu perawatan juga diperlukan seperti pembersihan saluran udara, busi dan sejenisnya,” ucap Hardi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/26/094200615/mobil-tak-mampu-menanjak-coba-ganti-bbm-lebih-berkualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke