Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Tangkal Maling Helm di Parkiran Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm adalah perlengkapan berkendara yang krusial bagi pengendara sepeda motor. Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari cedera serius jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, pengendara motor yang tidak menggunakan helm juga dapat ditilang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga helm agar tidak dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealr Honda Jakarta-Tangerang, menjelaskan bahwa ada beberapa cara untuk mencegah pencurian helm.

“Ada langkah praktis yang bisa kita lakukan, mulai dari menggunakan kunci helm, memanfaatkan boks motor, hingga menitipkannya kepada petugas parkir,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (25/10/2024).

Namun, Agus menekankan bahwa cara paling efektif untuk mencegah pencurian helm adalah dengan membawanya atau menitipkannya. Pemilik motor sebaiknya membawa helm ke dalam rumah atau tempat kerja.

“Cara paling aman adalah membawa helm jika harus meninggalkan motor dalam waktu lama, terutama di lokasi yang kurang aman,” katanya.

Berikut 7cara untuk mencegah pencurian helm motor:

1. Gunakan Kunci Helm

Kunci helm dapat digunakan untuk mengunci helm langsung pada motor, biasanya di bagian setang atau area lain yang memungkinkan.

2. Pakai Boks

Simpan helm di dalam bagasi atau boks motor. Kalau motor dilengkapi dengan boks yang cukup besar, sebaiknya simpan helm di dalamnya untuk keamanan yang lebih baik.

3. Pilih Parkiran yang Aman

Cari lokasi parkir yang ramai, memiliki petugas keamanan, atau area yang diawasi CCTV. Ini dapat mengurangi risiko pencurian helm.

4. Fitur Anti-Pencurian

Gunakan helm yang dilengkapi dengan fitur anti-theft. Beberapa helm modern memiliki tali khusus yang lebih sulit dipotong atau dilepas.

5. Pasang Alarm

Kalau memungkinkan, pasang alarm tambahan pada motor. Alarm kecil bisa berbunyi saat ada yang mencoba mengambil helm atau aksesori lain.

6. Bawa Helm

Bawa helm saat meninggalkan motor. Ini adalah cara paling aman, terutama di lokasi yang tidak terlalu aman.

7. Titipkan Helm

Titipkan helm di penitipan khusus yang biasanya tersedia di beberapa lokasi parkir agar lebih aman

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/25/154100815/7-cara-tangkal-maling-helm-di-parkiran-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke