Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Tumpahan Oli di Jalan, Rem ABS Saja Tidak Mempan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian oli yang tumpah di jalan bisa menyebabkan jalanan jadi licin. Tidak jarang ketika motor yang lewat di aspal yang licin, akan mudah hilang keseimbangan dan terjatuh.

Misal seperti pada video Instagram yang diunggah akun Romansasopirtruck. Kejadiannya di sekitar daerah Wonorejo, di mana jalanan licin karena kena tumpahan oli.

Perekam video mengingatkan buat para pengendara agar pelan-pelan karena jalanan yang licin. Tidak berselang lama, tampak dua motor terjatuh di depannya akibat tumpahan oli tersebut.

Bicara motor, saat ini memang sudah banyak yang dilengkapi dengan ABS. Tapi apakah sistem ABS tersebut bisa mencegah motor terjatuh saat melewati jalan yang kena tumpahan oli?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, penggunaan ABS memang buat mencegah roda mengunci saat rem mendadak, tapi kalau permukaan licin karena oli, kemungkinan tidak efektif.

"Kalau jalan yang disebabkan karena adanya tumpahan oli, kemungkinan besar sistem ABS tidak terlalu membantu kalau pengendara tidak menguasai keseimbangan sepeda motor dengan baik," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2024).

Agus bilang, kalau jalan basah karena air saja mungkin masih aman kalau rem mendadak dan pakai ABS. Cuma kalau oli, kemungkinan ban akan hilang traksi sampai keseimbangan pengendara hilang dan jatuh.

Saran dari Agus, pengendara harus punya pandangan yang jauh ke depan buat melihat situasi jalan. Kalau jeli, dia bisa menghindari tumpahan oli atau mengurangi kecepatan, sehingga bisa cegah kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/150100415/bahaya-tumpahan-oli-di-jalan-rem-abs-saja-tidak-mempan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke