Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelek Jari-Jari Motor Harus Segera Dibersihkan Setelah Kena Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan membawa tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor, terutama terkait perawatan pelek jari-jari.

Air hujan yang mengandung asam dan kotoran dapat merusak lapisan pelindung pelek, sehingga bila tidak segera dibersihkan, pelek akan lebih rentan berkarat dan kehilangan kekuatan strukturnya.

Eko, pengelola bengkel khusus stel pelek di Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa pembersihan pelek jari-jari motor sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah terkena hujan.

"Air hujan bisa menyebabkan karat pada pelek, terutama di bagian jari-jari yang biasanya lebih rawan. Kalau dibiarkan terlalu lama, karat ini bisa menyebar dan merusak struktur pelek, membuatnya kurang stabil dan bahkan berisiko patah," kata Eko kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2024).

Eko juga menambahkan bahwa selain membersihkan dengan air bersih, pengendara sebaiknya menggunakan cairan anti karat yang khusus untuk komponen logam.

"Setelah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan baik, karena sisa-sisa air yang mengendap juga bisa memicu munculnya karat. Oleskan cairan anti-karat agar jari-jari lebih terlindungi," kata Eko.

Ia juga menyarankan pengendara untuk memeriksa kondisi jari-jari secara berkala. Jika ada yang mulai kendur atau bengkok, segera lakukan stel ulang agar keseimbangan roda tetap terjaga dan performa berkendara tidak terganggu.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/142100015/pelek-jari-jari-motor-harus-segera-dibersihkan-setelah-kena-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke