Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meluncur Siang Ini, Simak Bocoran Harga Spesifikasi Hyundai Santa Fe

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan bakal meluncurkan SUV Santa Fe generasi terbaru dengan mesin hybrid dan pembakaran internal (ICE) di Jakarta, pada hari ini, Kamis (24/10/2024).

Bakal langsung diproduksi lokal, sinyal kehadiran Santa Fe diperkuat dari undangan peluncuran yang masuk dapur redaksi Kompas.com.

"Sebagai bagian dari strategi dalam merespons dinamika pasar global sekaligus menjawab permintaan masyarakat Indonesia, Hyundai Motors Indonesia akan meluncurkan all-new Santa Fe," bunyi kutipan dalam undangan peluncuran itu.

Seiring peluncuran Santa Fe baru, pihak HMID juga telah membocorkan beberapa informasi penting baik kisaran harga sampai spesifikasinya. Berikut redaksi rangkum bocoran yang telah didapatkan:

Sudah Buka Pemesanan

Sepekan sebelum peluncuran, Hyundai Indonesia melalui HMID membuka pemesanan awal alias pre-booking bagi konsmen yang sudah menanti model terbaru Santa Fe di seluruh jaringan diler.

Bahkan disebut mobil tersebut akan datang dengan dua pilihan dapur pacu, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Internal Combustion Engine (ICE).

Bagi konsumen yang tertarik jadi pemilik pertama dan siap melakukan pre-booking Santa Fe baru, informasi lebih detail bisa didapat dengan mengunjungi situs resmi Hyundai Indonesia atau kanal sosial media.

Produksi Cikarang

Santa Fe generasi kelima tersebut juga dikabarkan bakal langsung masuk jalur produksi PT Hyundai Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) yang terletak di Cikarang, Jawa Barat.

Chief Marketing Officer HMID Budi Nur Mukmin menyampaikan saat mobil resmi diluncurkan ke pasar, mobil tersebut sudah bisa dibeli, karena produksi Santa Fe sebenarnya sudah berlangsung.

"Completely Knock Down (CKD)," ujarnya.

"Sebenarnya kita sudah mulai produksi. Setelah peluncuran, kami akan segera mengirimnya. Mungkin sebulan setelah peluncuran," lanjut Budi.

Untuk diketahui saat ini pabrik HMMI sudah memproduksi beberapa model termasuk Creta, Ioniq 5, Santa Fe, Stargazer, dan All New Kona Electric.

Kisaran Harga

Dalam kesempatan serupa, Budi juga menyampaikan harga jual Santa Fe tipe hybrid atau varian tertinggi bakal tembus "tiga digit" atau mencapai ratusan juta rupiah.

Hal tersebut mengonfirmasi data yang diperoleh redaksi, yakni NJKB Santa Fe terbaru yang berkisar mulai Rp 432 juta sampai Rp 445 juta.

Kalau dihitung secara kasar, perkiraan harga jualnya mulai Rp 600 jutaan, belum termasuk bea masuk (kalau impor) dan penerbitan STNK.

Sedangkan keterangan dari sales Hyundai, estimasi harga buat Santa Fe sendiri mulai Rp 750 jutaan sampai Rp 850 jutaan untuk model yang hybrid.

“Estimasi mulai dari Rp 750 juta, sampai Rp 800 jutaan,” ucap tenaga penjual tersebut, kepada Kompas.com, Selasa (22/10/2024).

Bocoran Spesifikasi

Bicara soal spesifikasi, SUV asal Korea Selatan ini memiliki dimensi panjang 4.830 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm, serta wheel base 2.815 mm.

Secara penampilan, desainnya menampilkan kesan gagah dan futuristis, dengan lampu utama berbentuk huruf H serta overfender yang menonjol.

Kabinnya, Santa Fe menawarkan layout dashboard modern dengan layar ganda berukuran 12,3 inci untuk panel instrumen dan infotainment.

Tipe Calligraphy dilengkapi dengan fitur-fitur mewah seperti Nappa Leather, ambient mood lamp, kursi kulit, dan panoramic sunroof. Tipe ini juga telah dilengkapi dengan sistem audio premium dari Bose.

Soal dapur pacu, pada varian hybrid akan dibenamkan mesin 1.600 cc turbo hybrid yang mampu menghasilkan tenaga 180 Ps atau sekitar 177,5 Tk dan torsi 265 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Sedangkan pilihan mesin lainnya berkapasitas 2.500 cc, dengan tenaga tembus 191,3 TK dan torsi 246 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/070200615/meluncur-siang-ini-simak-bocoran-harga-spesifikasi-hyundai-santa-fe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke