Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumor, Castrol Menggantikan Repsol Jadi Sponsor Tim Honda MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Racing Corporation (HRC) dilaporkan akan bekerja sama dengan Castrol setelah mengumumkan perpisahan dari Repsol untuk musim depan.

Menurut laporan Motorsport, Honda semakin dekat dengan Castrol untuk mencapai kesepakatan sponsor. Namun, Castrol diperkirakan belum akan menjadi sponsor utama pada 2025.

Sinergi antara Honda dan Castrol disebutkan bisa berkembang lebih jauh tergantung pada sejumlah faktor, termasuk prestasi Honda di lintasan MotoGP.

Castrol adalah perusahaan minyak yang didirikan pada tahun 1899 oleh Charles "Cheers" Wakefield asal Inggris. Awalnya perusahaan ini dikenal dengan nama Wakefield Oil Company.

Penamaan "Castrol" berasal dari campuran "castor oil" atau minyak jarak yang digunakan dalam produk awal Castrol.

Castrol bukanlah nama baru di dunia balap motor, merek dengan warna khas hijau-putih-merah ini sudah menjadi mitra tim satelit LCR Honda di MotoGP dan akan melanjutkan kerjasama pada musim 2025.

Pada sisi lain, Repsol akan mengakhiri statusnya sebagai sponsor utama tim pabrikan MotoGP Honda pada akhir 2024.

Perpisahan antara Repsol dan Honda menandai akhir salah satu kemitraan tersukses dalam sejarah MotoGP, di mana Repsol telah menjadi sponsor utama HRC sejak 1995 atau selama 29 tahun.

Kolaborasi Honda dan Repsol menghasilkan 15 gelar Juara Dunia pebalap, dengan nama-nama legendaris seperti Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez.

Tanda-tanda perpisahan Repsol dari Honda mulai terlihat pada musim balap 2024, di mana logo Repsol dipindahkan ke fairing bawah pada livery tahun ini.

Livery legendaris Repsol Honda yang dikenal dengan ciri khas warna oranye berubah menjadi lebih dominan dengan warna biru. Tempat yang biasanya diisi oleh tulisan Repsol diganti dengan logo Honda.

Repsol tidak memberikan alasan jelas mengenai keputusan untuk meninggalkan Honda. Namun alasan terkuat yang diduga adalah penurunan prestasi tim pabrikan Honda yang terjadi sejak musim 2020.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/23/084200115/rumor-castrol-menggantikan-repsol-jadi-sponsor-tim-honda-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke