Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Berangkat ke Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya tiba di pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 di kompleks gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Mengenakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard berpelat "INDONESIA", dirinya berangkat dari Istana Presiden melintas ruas Semanggi-Senayan, Jakarta.

Sambil melambaikan tangan, ia terlihat mengenakan setelah jas hitam ditemani Iriana Jokowi.

Terlihat juga dalam rombongan ada anak dari Jokowi, yaitu Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gundono.

Mobil dinas yang ditumpangi Jokowi ini memiliki spesifikasi yang tinggi, seperti mesin bensin V12 berkubikasi 6.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga sampai 530 tk dan torsi 830 Nm.

Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic. Sehingga bisa berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 210 km/jam. Dengan begitu, mobil ini bisa dibawa ngebut saat ada yang ingin mencelakai presiden.

Serangkaian fitur canggih juga disematkan pada Mercedes Benz S600 Guard. Mulai dari adanya anti peluru yang bisa melindungi penumpang di jok belakang. Bahkan anti peluru ini bisa melindungi dari serangan senjata mesin M60.

Fitur anti peluru tersebut bisa melindungi penumpang sebab kaca mobilnya jauh lebih tebal daripada kaca mobil standar. Kacanya sangat berat hingga butuh alat hidrolik untuk membuka dan menutupnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga melintas di ruas yang sama menggunakan mobil serupa. Sementara di tempat terpisah, Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka sudah lebih dahulu sampai di area pelantikan.

Keduanya terlihat menumpangi Toyota Alphard berwarna putih. Tapi satu yang berbeda, Prabowo memakai generasi terdahulu sedangkan mobil Gibran merupakan model terbaru dengan teknologi hybrid.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/20/101143215/ini-mobil-yang-dipakai-jokowi-berangkat-ke-pelantikan-presiden-dan-wakil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke