Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CR-V Hybrid Kena Recall di Amerika, Indonesia Diklaim Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CR-V Hybrid termasuk salah satu model yang banyak diminati di Amerika Serikat. Namun, belum lama ini diberitakan SUV hybrid tersebut terkena recall karena masalah pada baterai.

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (19/10/2024), ada potensi risiko kebakaran pada kemasan baterai lithium-ion CR-V Hybrid. Potensi tersebut ditemukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Menurut Honda, masalah tersebut berasal dari variasi dalam proses manufaktur. Secara khusus, beberapa terminal negatif di dalam kemasan baterai telah diproduksi dengan ketebalan sisa lapisan tembaga yang tidak mencukupi.

Cacat produksi ini dapat menyebabkan lapisan tembaga retak, yang dapat mengekspos aluminium di bawahnya. Ketika aluminium berinteraksi dengan elektrolit baterai, aluminium dapat membentuk kombinasi yang membahayakan integritas sel baterai.

Dalam skenario terburuk, hal ini dapat menyebabkan terminal atau busbar di dalam baterai rusak. Jika terjadi kegagalan seperti itu, maka mobil tidak akan dapat dijalankan.

Jika kerusakan terjadi saat baterai sedang diisi daya, ada kemungkinan terjadi percikan api, yang meningkatkan risiko kebakaran, tabrakan, atau cedera, menurut Honda. Untuk diketahui, baterai lithium-ion yang dimaksud dipasok oleh Panasonic, salah satu pemain utama dalam industri baterai.

Pemilik CR-V Hybrid yang terkena dampak akan diberitahu tentang recall mulai tanggal 27 November. Honda telah menginstruksikan dilernya untuk mengganti modul baterai yang rusak dengan yang baru untuk mengatasi masalah ini.

CR-V Hybrid juga diluncurkan di Indonesia sejak 2023 oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Honda Indonesia mengumumkan bahwa CR-V Hybrid yang dipasarkan di sini tidak terdampak kasus seperti di Amerika Serikat.

"Saat ini, belum ada informasi mengenai dampak recall tersebut di Indonesia. Tentunya, kami akan terus memonitor dan meng-update jika ada perkembangan informasi," ujar Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Billy menambahkan, CR-V Hybrid yang didatangkan secara utuh ke Indonesia berasal dari pabrik Honda yang ada di Thailand. Pabrik yang memproduksi CR-V Hybrid saat ini juga ada banyak, termasuk di Amerika Serikat.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/19/090200115/honda-cr-v-hybrid-kena-recall-di-amerika-indonesia-diklaim-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke