Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati Lewat Genangan Air Saat Hujan, Pengendara Motor Bisa Jatuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di musim hujan pasti melewati jalan yang tergenang air. Cuma biar tidak celaka, jangan asal melibas air dengan kecepatan tinggi, karena tidak diketahui kondisi jalannya seperti apa.

Misal seperti pada video yang diunggah akun @hujatbaper di Instagram memperlihatkan dua motor yang melibas genangan air saat hujan. Ternyata di bawah air tersebut ada jalan yang rusak dan cukup dalam lubangnya.

Alhasil motor pertama oleng sampai penumpangnya terlempar, begitu juga yang kedua, hampir terjatuh. Makanya melewati genangan air akibat hujan harus berhati-hati karena tidak kelihatan apa di bawahnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, buat melewati jalan yang ada genangan air, lebih baik kurangi kecepatan dari jauh, jangan mengerem mendadak.

"Sebisa mungkin mencari jalur lain, menghindar dari genangan air. Makanya penting pandangan mata melihat jauh ke depan ketika berkendara, antisipasi rute yang akan dilewati," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2024).

Kalau misal jalan tersebut dilalui setiap hari, maka seharusnya tau mana titik yang berlubang. Tapi masalahnya kalau memang tidak diketahui jalannya, jangan coba-coba mengebut, apalagi saat tertutup genangan air.

"Bisa jadi lubangnya lebih dalam lagi dan risiko kecelakaan jadi lebih besar," kata Agus.

Buat para pengendara, harus paham mengenai potensi bahaya. Jalanan yang tertutup air pasti menutup  lubang di bawahnya, jangan asal terabas kalau tidak mau celaka.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/114200715/hati-hati-lewat-genangan-air-saat-hujan-pengendara-motor-bisa-jatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke