Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Final Kejurnas Pertamina Mandalika 2024, Penentuan Juara Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan nasional balap motor Pertamina Mandalika 2024 sudah sampai pada seri terakhir. Pencarian para juara sejati akan terjadi pada akhir pekan ini.

Balapan akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit pada 18-20 Oktober 2024. Sebagai ronde penentuan, tentu saja para mekanik dan kru tim akan bekerja keras untuk membuat tunggangan para pebalapnya lebih maksimal.

Seri terakhir ini akan menentukan siapa juara nasional di kelas Sport 150. Sedangkan untuk kelas Sport 250, juara nasionalnya sudah diamankan oleh Andi Farid Izidihar. Begitu pula kelas Supersport 600 oleh M Adenanta Putra.

Selain itu, seri terakhir ini juga akan menasbihkan juara-juara lainnya di Supporting Class, yakni Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open, Superbike 1000, dan Supersport 600 Community.

Perebutan Juara Nasional Sport 150 akan menjadi pertarungan menarik antara pimpinan klasemen sementara, yakni Aldiaz Aqsa Ismaya dengan 147 poin melawan Galang Hendra Pratama yang mengoleksi 139 poin, serta Murobbil Vitoni dengan 124 poin. Ketiga pebalap ini akan memperebutkan total 62 poin dalam dua balapan, serta Superpole race.

Tidak kalah menarik, di kelas pembibitan Junior Sport 150 U-15 yang tahun depan akan menjadi kelas Kejurnas, dipastikan bakal mengetengahkan duel seru antara lima pebalap teratas di klasemen sementara. Pasalnya, selisih poinnya cukup ketat.

Valera Octavianus yang memimpin klasemen dengan 84 poin. Sedangkan Dana Dyaksa Widapangestu yang ada di peringkat kedua memiliki 83 poin. Lalu, Davino Britani sudah mengumpulkan 80 poin. Diikuti Sabian Fathul Ilmi di peringkat keempat dengan 74 poin dan Ziven Rozul Abiysalim dengan 72 poin.

Pada kelas Underbone 150 Open yang juga akan memperebutkan satu unit Yamaha MX King dari LFN akan diperebutkan oleh Fahmi Basam melawan Dimas Juliatmoko. Keduanya sama-sama memiliki 107 poin. Namun, di peringkat ketiga ada Murobbil Vitoni yang hanya tertinggal 2 poin. Sedangkan di peringkat keempat, ada Aditya Fauzi dengan 100 poin dan peringkat kelima ada Reynaldi Pradana 83 poin.

Semarak Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 yang merupakan event hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan inJourney didukung Pertamina juga menarik perhatian sponsor lainnya yakni Bank Mandiri. Bank Mandiri turut mendukung aktivitas motorsport di final round Mandalika Racing Series melanjutkan program sebelumnya di MotoGP Indonesia dan Mandalika Festival of Speed.

Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA, mengatakan, Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) telah menjadi entitas baru di kancah balap motor nasional dengan tingkat kompetisi tinggi. Sebuah perjalanan panjang untuk membangun Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series hingga menjadikannya sebagai sebuah ajang balap Kejurnas bergengsi di Tanah Air.

"Dari kualitas pebalap yang ikut, kemasan event termasuk tayangan live streaming telah membuat MRS menjadi barometer event balap motor di Indonesia. MRS telah membuktikan konsistensinya hingga menjadi sebuah kejuaraan kompetitif sebelum para pembalap Indonesia naik level ke tingkat internasional," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

"Pada putaran final ini kita akan mendapatkan para Juara Nasional yang nantinya bisa melanjutkan kiprahnya untuk bisa mencetak prestasi membanggakan di dunia balap motor Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada para pihak dan sponsor yang telah mendukung acara ini, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, IMI Pusat, IMI NTB, ITDC, InJourney, Pertamina, Bank Mandiri, Honda, LFN, Pirelli,Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia, YSS, Pikoli, MS Glow for Men, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake dan Narmada,” kata Priandhi.

Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, mengatakan putaran final Pertamina Mandalika Racing Series 2024 akan menjadi tolak ukur penyelenggaraan tahun depan.

”Tahun depan formatnya akan dbuat 3 hari mulai dari Jumat untuk free practice seperrti halnya event internasional lainnya sehiingga pembalap kita terbiasa nantinya. Regulasi akan kita benahi dalam Rakornas nanti Desember sekaligus apresiasi untuk para Juara Nasional dari MRS,” ujar Eddy.

Berbeda dengan putarah sebelumnya, pada seri terakhir ini akan digelar Championship Night berupa malam penghargaan dan ramah tamah untuk para juara selama satu musim berjalan. Seri terakhir ini bisa disaksikan langsung melalui Live Streaming pada akun YouTube Mandalika Racing Series.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/17/190100515/final-kejurnas-pertamina-mandalika-2024-penentuan-juara-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke