Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Kabar Toyota Veloz Hybrid?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) masih malu-malu ketika ditanya soal kehadiran Veloz hybrid yang akan menjadi kendaraan rendah emisi yang lebih terjangkau di pasar dalam negeri.

Sebelumnya, kehadiran Toyota Veloz hybrid semakin menguat usai kode mesin yang diduga mobil tersebut terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 8 tahun 2024 Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024.

Namun, pihak Toyota tampaknya masih enggan membocorkan kabar terkait kehadiran Veloz hybrid di Indonesia.

“Kalau saya tidak bisa menjawab langsung. Tetapi begini, Toyota ingin menggunakan multi-pathway bisa masuk ke segmen-segmen yang lebih besar, karena intinya untuk mengurangi emisi itu ada semacam teknologi ramah lingkungan untuk bisa dinikmati banyak orang,” ucap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, di Jakarta, belum lama ini.

"Tapi kalau ditanya model apa dan kapannya ya itu ditunggu saja, tetapi kita arahnya ke sana,” lanjutnya.

Sementara itu, Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pihaknya akan meluncurkan produk baru salah satunya adalah mobil hybrid. Tetapi Anton belum mau mengungkapkan model yang dimaksud.

“Jadi, produk kita juga selalu rencanakan. Tapi, belum diputuskan (model apa). Ada yang hybrid juga dan lain-lain. (Veloz hybrid) Belum, belum ada keputusan pada saat ini untuk diluncurkan,” kata Anton.

Untuk diketahui, sinyal kehadiran Veloz Hybrid terkuak dengan diterbitkannya Permendagri Nomor 8 tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024.

Dalam beleid nya, tampak dua kode mesin W102RE-LBVFJ yang diduga merupakan Veloz Hybrid. Kode mesin pertama adalah W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT tercatat memiliki nilai jual Rp 264 juta sedangkan W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT TSS nilai jualnya Rp 284 juta.

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/17/130200615/apa-kabar-toyota-veloz-hybrid-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke