Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Dinas Presiden Masih Andalkan Mercedes-Benz

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang dilantiknya pemerintah yang baru, tak sedikit masyarakat yang penasaran kendaraan dinas operasional apa yang akan digunakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pada masa pemerintahan Joko Widodo, Mercedes-Benz S600 Guard dipilih sebagai kendaraan dinas operasional sejak 2019. Model tersebut menggantikan S600 Pullman Guard yang sudah dipakai sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk pemerintah yang baru, belum ditetapkan apakah mobil presiden akan berganti model atau tetap mempertahankan S600 Guard. Selain S600 Guard, mobil presiden juga mengandalkan model S680 Guard.

"Hingga saat ini belum ada diskusi untuk penggantian mobil kepresidenan, jadi masih akan melanjutkan S680 Guard yang ada," ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/10/2024).

"Untuk mobil dinas menteri, saat ini juga belum ada diskusi dengan kami. Sehingga, kami belum ada mengajukan model kendaraan untuk dipergunakan sebagai mobil menteri," kata Kariyanto.

Untuk mobil menteri, saat ini mengandalkan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Sedan mewah berteknologi hybrid tersebut sudah digunakan sejak 2019.

Namun, Mercedes-Benz Indonesia tidak memiliki jajaran mobil hybrid. Pabrikan asal Jerman ini memilih untuk langsung memasarkan mobil listrik, seperti EQA, EQB, EQE Saloon, EQE SUV, EQS Saloon, dan EQS SUV.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/16/183100315/mobil-dinas-presiden-masih-andalkan-mercedes-benz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke