Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Desain Honda Stylo 160 CBS, Simak Perbedaannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Stylo 160 memiliki dua varian, yaitu tipe CBS seharga Rp 28,045 juta dan tipe ABS Rp 31,035 juta. Dengan harga yang berselisih Rp 2,990 juta, Stylo CBS menawarkan beberapa daya tarik.

Pertama dari pilihan warna, bagi orang-orang yang lebih menyukai warna glossy, varian Stylo CBS jelas lebih menarik.

Sebab, tipe CBS memiliki pilihan Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige, yang semuanya merupakan jenis warna glossy.

Bandingkan dengan tipe ABS yang hanya memiliki satu warna glossy, yaitu Royal Green. Sedangkan dua warna tipe ABS lainnya merupakan Royal Matte White dan Royal Matte Black.

Memang tidak ada yang salah dengan warna doff. Tapi bagi beberapa orang pilihan kelir ini butuh ketelitian dan kerajinan lebih dalam merawatnya.

Warna doff cenderung lebih cepat kusam jika tidak dibersihkan secara benar dan teratur. Berbeda dengan warna glossy yang lebih mudah dalam perawatan.

Selesai soal warna, tak bisa dipungkiri desain retro modern merupakan salah satu faktor utama konsumen memilih Stylo. Tampilan khas skutik Eropa yang kekinian memang masih jadi impian beberapa orang.

Walaupun masih ada yang mengkritik desainnya mirip Honda Genio versi gambot, tapi secara umum tampilannya bisa diterima dan proporsional.

Satu hal yang mengganjal mungkin bentuk knalpot yang memiliki desain rendah. Bukan menghadap ke atas seperti Vario 160.

AHM mengklaim desain ini mengikuti aliran motor retro yang cenderung rata, atau sama dengan tarikan garis bodi.

Sementara bagian jok, khusus tipe CBS pakai warna hitam, dengan bahan seperti beludru tapi lebih kasar. Performanya cukup baik dan kesat saat dipakai berkendara. Tapi cenderung sulit dibersihkan saat kena kotoran.

Joknya tidak begitu empuk, tapi masih nyaman buat perjalanan dalam kota sekitar 1-2 jam. Adapun ruang kaki cukup saja, tidak luas dan tidak sempit.

Buat pembonceng tersedia footstep dari bahan alumunium yang nyaman diinjak. Meskipun tidak terlalu kesat, tapi karena posisi duduk penumpang belakang yang rileks, kaki jadi tidak sering bergeser.

Kemudian, ruang penyimpanan Stylo CBS rupanya tidak begitu banyak. Laci di dasbor depan yang efektif bisa dipakai hanya kompartemen sebelah kiri. Sedangkan yang sebelah kanan terbilang sempit dan tanpa penutup.

Sementara ruang laci di tengah yang juga terdapat dermaga USB, hanya cukup untuk menaruh barang-barang kecil seperti smartphone. Padahal bentuk pintunya lebar sekali, hampir sepertiga bagian dasbor.

Di bagian tengah, Stylo CBS juga punya gantungan barang. Tapi fitur tersebut kurang fungsional karena tidak memiliki pengait untuk menjaga barang agar tidak terlepas.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/15/090200615/bahas-desain-honda-stylo-160-cbs-simak-perbedaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke