Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perawatan Mobil Ford Lebih Sulit Dibanding Merek Lain?

KLATEN, KOMPAS.com - Perawatan mobil Ford secara umum sama saja dengan merek lainnya. Hanya saja, perawatannya menjadi rumit dan berpotensi menemui kebuntuan bila tidak didasari ilmu.

Sebagian orang juga menganggap, perawatan mobil Ford yang susah, membuat harga jual kembalinya anjlok. Pasalnya, konsumen menjadi khawatir bila terjadi masalah dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Lantas, benarkah perawatan mobil Ford lebih sulit dibandingkan merek lainnya?

Imun, Pemilik Bengkel Spesialis Ford Trucuk, Klaten, mengatakan anggapan perawatan mobil Ford sulit tak sepenuhnya benar.

“Menurut saya semua bengkel umum bisa melakukan perawatan mobil Ford, sebagian besar sama, hanya saja memang ada bagian-bagian tertentu yang bengkel umum tidak tahu,” ucap Imun kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2024).

Imun mengatakan, ketidaktahuan tersebut memunculkan anggapan bahwa perawatan mobil Ford sulit. Namun, bila mekanik diberikan pengetahuan yang mendetail harusnya menjadi mudah.

“Pada dasarnya saya kan mekanik Ford resmi selama 7 tahun, saya setiap hari dapat keluhan dari konsumen, ditambah ada training khusus dari pihak perusahaan, jadi menjadi lebih matang,” ucap Imun.

Imun memberikan contoh perbedaan perawatan Ford daripada mobil lain pada umumnya, yakni berkaitan dengan perangkat elektronik.

“Tidak semua bengkel bisa melakukan penggantian modul bila mengalami rusak, karena diperlukan coding atau reprogramming menggunakan alat khusus, sehingga kodenya dicocokkan,” ucap Imun.

Imun mengatakan alat tersebut merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mensinkronkan modul baru sesuai dengan sistem yang terpasang pada suatu unit mobil.

“Kami pakai integrated diagnostic software (IDS), dan tidak semua bengkel punya ini, maka konsumen membutuhkan bengkel spesialis untuk perawatan,” ucap Imun.

Selain itu, menurut Imun, pada mobil Ford ada perbedaan detail terkait spesifikasi atau ukuran tertentu. Seperti, rentang suhu mesin ideal saat AC hidup dan mati.

“Pada mobil Ford detail seperti ini bisa mempengaruhi performa, sehingga dengan datang ke bengkel spesialis, maka gejala kerusakan atau penurunan performa bisa terdeteksi lebih dini, sehingga tidak akan membuat kerusakan lebih parah,” ucap Imun.

Jadi, menurut Imun, anggapan perawatan mobil Ford sulit karena berdasarkan fakta dilapangan bahwa, detail dan konsep kerja sistemnya memang tak sama dengan mayoritas mobil di Tanah Air.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/09/131200715/perawatan-mobil-ford-lebih-sulit-dibanding-merek-lain-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke