Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Hyundai soal Beda Klaim Jarak Tempuh Kona Electric

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai All New Kona Electric tipe Signature Long Range diklaim mampu menempuh jarak hingga 549 km. Namun, jarak tempuh yang tertera pada layar head unit berbeda dengan klaim pabrikan.

Redaksi Kompas.com sempat mengikuti Hyundai Media Drive All New Kona Electric beberapa waktu lalu. Tipe yang digunakan adalah tipe tertinggi dengan kapasitas baterai 66 kWh.

Saat memulai perjalanan, terlihat kapasitas baterai masih 99 persen. Tapi, perkiraan jarak tempuh yang tertera adalah 469 km dengan kondisi AC menyala dan 515 km tanpa menggunakan AC. Selisihnya cukup jauh dengan klaim pabrikan, yakni 549 km.

Product and Corporate Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Reva Kurniawan mengatakan, banyak yang mempertanyakan hal tersebut. Tidak hanya pada Hyundai, tapi juga pada produsen mobil listrik lainnya.

"Memang untuk jalan tempuh yang ada di head unit itu bukan untuk merefleksikan jarak aktual yang sebenarnya," ujar Reva, kepada wartawan, saat ditemui di Semarang, beberapa waktu lalu.

Reva menambahkan, jarak tempuh yang ditampilkan pada layar head unit adalah berdasarkan pada perkiraan jalan sesuai dengan kondisi berkendara sebelumnya, kondisi berkendara nantinya, fitur-fitur yang akan digunakan, dan kondisi jalan.

"Kenapa kita mengeklaim 549 km untuk Signature Long Range? Karena kita menggunakan pengujian NEDC sebagai referensi. Kita ingin mengoptimalkan potensi baterai yang dimiliki oleh Kona EV," kata Reva.

"Kita percaya bahwa potensi yang dimiliki oleh Kona EV adalah baterai optimal yang tanpa hambatan. Sehingga, kita memberikan rasa aman dan nyaman pada konsumen," ujarnya.

Reva mengatakan, pihaknya paham juga bahwa memang range anxiety masih ada. Kekhawatiran akan jarak, terutama dengan berpergian jarak jauh dan lainnya.

"Tetapi, kami percaya bahwa kita bisa mengoptimalkan baterai dari Kona EV, yang didukung dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, serta spesifikasi baterainya," ujar Reva.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/09/070200215/penjelasan-hyundai-soal-beda-klaim-jarak-tempuh-kona-electric

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke