Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawa BMW G310GS ke Habitatnya, Pas Dipakai Off-Road

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW G310GS merupakan varian GS paling murah yang ditawarkan BMW Motorrad saat ini. Harganya di Indonesia mulai Rp 159,9 juta buat warna Cosmic Black 3 dan sisanya Rp 165,9 juta.

Kurang afdal rasanya kalau menguji BMW G310GS di jalanan aspal, harus dibawa bertualang. Penguji pun membawa motor ini ke daerah Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor buat main di jalanan non-aspal.

Buat kondisi jalan yang dilewati, diisi dengan jalan berbatu yang tidak rata. Serta jalanan yang dekat dengan sungai, diisi dengan pasir yang lunak dan batu kerikil.

Soal ergonomi, dengan postur tubuh penguji yang tingginya 178cm, posisi duduk sudah nyaman. Tapi beda kasusnya kalau dipakai offroad, badan harus agak berdiri atau jongkok biar tumpuan beban ada di kaki, bukan di bokong.

Saat penguji berdiri atau agak jongkok, foot peg atau dudukan kaki terasa kokoh. Setang yang lebar juga bikin manuver ketika badan tidak duduk lebih nyaman dan leluasa.

Idealnya, saat masuk jalanan yang non aspal, ABS buat roda belakang dimatikan. Cuma di G310GS, setelan ABS tidak bisa dimatikan, alias akan selalu menyala, efeknya motor jadi sulit buat dipakai sliding dengan cara menginjak rem belakang dengan keras.

Walau begitu, G310GS tetap masih nurut dibawa ke trek off-road. Ketika melewati jalanan tidak rata, mesin 313cc dengan tenaga 34 TK dan torsi 28 Nm mumpuni melibas berbagai kondisi.

Tenaga dan torsinya yang sudah hadir dari putaran yang cukup rendah bikin penguji tak perlu gas dalam-dalam buat lewati rintangan.

Bantingan suspensi depan dan belakang yang travelnya sampai 180mm juga tidak mentok saat diuji. Jadi buat melewati berbagai jalan, rata dan tidak, bisa dilewati dengan aman.

Bisa dibilang, sesuai dengan nama GS yang dibawa, G310GS masih mumpuni buat dipakai ke jalanan yang tidak rata dan non-aspal. Tenaganya ada, torsi juga mumpuni, bobotnya juga cuma sekitar 175 Kg, tergolong ringan buat motor petualang.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/08/162100215/bawa-bmw-g310gs-ke-habitatnya-pas-dipakai-off-road

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke