Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Rencana Pabrik BYD di Indonesia, Dibangun Akhir 2025

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen mobil listrik Build Your Dreams (BYD) telah berkomitmen untuk membuka pabrik di Tanah Air, tepatnya di kawasan Subang, Jawa Barat.

BYD Indonesia merencanakan operasional secara bertahap dan pabrik ditargetkan mulai dibangun pada tahun depan.

Pabrik baru ini akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar, di mana PT BYD Motor Indonesia telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

"So far on track, kami memang manufacturing ini laporannya lebih sering ke pemerintah,” ujar Luther Panjaitan, Head of Marketing, PR & Government BYD Indonesia di Jakarta (7/10/2024).

“Kami ada janji komitmen dengan mereka, sejauh ini mereka puas dengan progress yang kami miliki, window report-nya ke BKPM dan Kemenkomarves,” kata dia

Sebagai informasi, kawasan Industri Subang Smartpolitan dipilih karena sudah terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional.

Lokasi ini mudah untuk diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Km 89 yang juga sedang dalam tahap pengembangan.

Selain itu juga dekat dengan Jalan Tol Akses Patimban dan langsung terhubung ke Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Jawa Barat dan Tengah.

Meski begitu, proses pembangunan pabrik masih belum signifikan. Acara peletakan batu pertama alias groundbreaking juga belum dilakukan dalam waktu dekat.

"Itu kan cuma perayaan, selebrasinya. Sebenarnya kan, itu menyangkut banyak hal salah satunya terkait proses selanjutnya dan segala macam, kita ke plan konstruksinya dan lainnya. Kami sudah lakukan pemetaan lahan yang sudah kami beli juga,” ucap Luther.

"Kalau mengikuti timeline pemerintah kita sudah harus bangun akhir 2025. Bangun pabrik kan tidak seperti bangun rumah ya, ratusan hektar,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/08/071200815/update-rencana-pabrik-byd-di-indonesia-dibangun-akhir-2025

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke