Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan New Armada Hadirkan Bodi Skylander Mesin Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada tambah varian buat bodi bus Skylander, yakni versi pakai sasis mesin depan. Unit awal yang keluar ada milik PO U Trans, dijadikan bus pariwisata.

Secara tampilan, Skylander mesin depan tampilannya mirip dengan Skylander biasa. Perbedaannya cuma detail kecil seperti ada kisi-kisi angin di depan dan samping, begitu juga bagian belakang yang jadi bagasi dan muat untuk membawa motor.

Deddy Hermawan, Design Development Karoseri New Armada mengatakan, hadirnya Skylander mesin depan karena adanya permintaan pasar, apalagi harga sasis bus dengan mesin di depan lebih murah dari mesin belakang.

"Dengan mesin depan dan spesifikasi suspensi udara cukup diminati PO bus," kata Deddy kepada Kompas.com, Minggu (6/10/2024).

Jadi dengan harga sasis lebih murah, bisa memakai bodi bus yang tampilannya mirip dengan sasis mesin belakang. Makanya, PO bus mulai mempertimbangkan memakai sasis bus mesin depan.

Deddy menjelaskan, secara desain luar memang tidak jauh berbeda, tapi ada perencanaan yang matang buat pintu depannya. Mengingat posisi mesin ada di sebelah pengemudi, cukup beda saat bikin tangga masuk.

"Ini masih kami kembangkan (bodi Skylander). Tapi untuk bagian belakang, tentu lebih leluasa untuk dimanfaatkan, karena mesin pindah ke depan," kata Deddy.

Jadi mari ditunggu saja inovasi lainnya dari Karoseri New Armada. Hadirnya bodi Skylander mesin depan turut meramaikan pilihan bodi bus mesin depan seperti Avante dari Tentrem dan Legacy SR3 dari Laksana.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/06/180200115/alasan-new-armada-hadirkan-bodi-skylander-mesin-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke