Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Bilang Pemerintah Siap Dukung Industri Motor Kustom

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Kustom Kulture Festival atau Kustomfest 2024, kembali dibuka di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, yang menghadirkan motor-motor kustom hasil karya para builder lokal yang berhasil terpilih.

Pada hari kedua Kustomfest 2024, turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, yang mengatakan, industri motor kustom Indonesia sudah mendunia dan memberikan mendorong untuk ajang ini.

“Berbagai negara telah hadir, tadi saya bertemu dengan Jepang, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah 13 tahun, ini sudah menjadi event yang menjadi referensi bagi dunia custom. Kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendorong event-event ini karena mendatangkan wisatawan mancanegara yang berkualitas,” kata Sandiaga di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, (6/10/2024).

Sandiaga juga berharap, tahun depan akan lebih banyak lagi yang hadir dan untuk perputarannya tahun lalu sekitar Rp 20 miliar, dan diharapkan tahun ini bisa lebih.

“Kami akan membantu kurasi serta membantu promosi beberapa pelaku ekonomi kreatif kita. Keliling juga di Kustomfest luar negeri di beberapa wilayah Asia, karena kita ternyata sangat dikenal untuk kemampuan kerajinan kita ini sangat unggul,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan, sudah mempersiapkan berbagai dukungan untuk industri kustom Indonesia.

“Kita sudah menugaskan Deputi Bidang Ekonomi digital dan produk kreatif untuk berkolaborasi dengan Kustomfest, apa yang diperlukan seperti tadi hak kekayaan intelektual kita kebetulan ada fasilitasnya, perizinan UMKM kita bisa ditata kelola ekonomi digitalnya dan di regulasinya,” kata Sandiaga.

“Serta, beberapa kegiatan internasional yang kita bisa dorong supaya mereka tampil juga di festival-festival luar negeri untuk lebih mempromosikan Yogyakarta dan Kustomfest,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/06/163100215/sandiaga-uno-bilang-pemerintah-siap-dukung-industri-motor-kustom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke