Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Referensi Modifikasi Tiga Model Legendaris Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) juga mengerti akan perilaku konsumennya yang suka modifikasi. Untuk itu, dihadirkanlah tiga model legendaris yang sudah dimodifikasi sebagai bahan referensi.

Ketiga model legendaris lintas generasi tersebut adalah Honda Civic EG, Honda Civic Type R versi Spoon Modification, serta model populer Honda di Indonesia, Honda Brio Modification.

Honda Civic EG adalah hasil kolaborasi Honda dengan Hot Wheels. Mobil ini pertama kali ditampilkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dan mendapatkan sambutan yang antusias.

Model Honda Civic EG sendiri merupakan salah satu model ikonik dari generasi kelima Honda Civic. Model ini dikenal dengan desain bodi aerodinamis khas mobil hatchback yang menonjolkan tampilan sporty.

Desain lampu memanjang dengan lekukan membulat memberikan tampilan yang tak lekang oleh waktu dan membangkitkan kultur modifikasi. Desain pada bagian eksterior mobil ini menggunakan elemen desain eksklusif dengan livery legendaris yang digunakan pada ajang balap.

Selain Honda Civic EG, ada Civic Type R Spoon Sport yang memiliki tampilan yang lebih agresif dan aerodinamis. Mobil ini dibangun oleh Drivetech dengan modifikasi pada bagian eksteriornya dilengkapi serat karbon pada berbagai komponen, seperti bumper depan dan belakang, side skirt, serta spoiler belakang.

Bobot kendaraan jadi berkurang signifikan, sehingga berkontribusi pada peningkatan handling dan akselerasi. Kemudian, pada desain interior terdapat modifikasi pada setir kemudi dan pada shift knob duracon yang membuat tampilan lebih sporty.

Kemudian, ada model favorit Honda Brio yang dimodifikasi dapur pacunya oleh Engine+ Motorsports. Mobil ini dijejali mesin 2.4 L, K24, inline-qwazfour, yaitu mesin dari Civic Type R yang mampu menghasilkan tenaga hingga 300 Tk, serta transmisi manual 6-percepatan.

Selain itu, ubahannya meliputi aspek pengendalian kendaraan dengan memasang coilover dua arah yang dapat disesuaikan, rem depan AP Racing, serta ban Yokohama ADVAN NEOVA dengan suspensi Aragosta. Pada bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan setir Momo Type R, kursi Recaro, sabuk pengaman Scroth, dan roll cage.

Yulian Karfili selaku Communication Strategy Sub-Div Head PT HPM, mengatakan, ketiga model tersebut merepresentasikan karakter produk Honda yang terus menjadi favorit konsumen dari masa ke masa.

"Tidak hanya memiliki mesin yang dapat diandalkan, namun juga memiliki desain yang tidak lekang zaman sehingga tetap dicintai dari generasi ke generasi," ujar Yulian, dalam keterangan resminya.

Nantinya, Honda akan mengundang para komunitas dan para pecinta otomotif untuk meramaikan acara Culture Indonesia yang akan digelar di tiga kota di Indonesia, dimulai dari Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2024 dan dilanjutkan ke Surabaya dan Makassar.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/180226215/referensi-modifikasi-tiga-model-legendaris-honda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke