Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tes Lengkap Kia Seltos 1.5 Turbo, Ulas Desain sampai Konsumsi BBM

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada ajang GIIAS 2024, Kia Seltos resmi mendapatkan penyegaran. Secara tampilan, SUV ini hadir dengan tampilan lebih gagah dan makin bergaya dengan sentuhan New Tiger Nose Grille dan headlamp LED Star Map Lighting.

Secara dimensi, Seltos terbaru dengan kode bodi SP2i memiliki dimensi (PxLxT) 4.365 mm x 1.800 mm x 1.620 mm, serta wheelbase 2.610 mm.

Kebetulan redaksi Kompas.com dapat unit test drive Seltos 1.5 TGDi. Dari depan, perbedaan paling kentara terlihat dari kombinasi lampu dan gril. Secara tampilan masih mirip, tapi detailnya berbeda.

Beranjak ke bagian samping, ubahannya terbilang minim. Semua sisi masih sama, kecuali pelek 17 incinya.

Desainnya seperti bintang, dengan brush metal finishing di sisi luar. Bannya pakai Goodyear dengan ukuran 215/60 R-17.

Di bagian belakang, bisa dibilang inilah yang paling terlihat berbeda dibandingkan model sebelumnya.

Lampu belakang sekarang dibuat menyambung dari kiri ke kanan, yang terpisah logo Kia di tengah. Agak mirip dengan Grand Carnival model lampunya.

Masuk ke interior Seltos terbaru, terasa bahwa detailnya lebih modern. Salah satunya berkat penggunaan panel layar instrumen di dasbor.

Tadinya punya bentuk yang tinggi dan agak besar, sekarang dibuat lebih pipih. Layarnya pun menyambung lebar dengan ukuran 10,2 inci. Ubahan layar instrumen ini turut membuat visibilitas mobil makin baik.

Tombol-tombol yang tadinya hanya AC saja, sekarang ketambahan tombol untuk mengatur head unit. Kompartemen tengah yang tadinya diisi rem parkir mekanikal, sekarang diganti rem parkir elektris dengan cup holder yang pakai cover.

Adapun untuk jok baris depan dan belakang, masih sama dengan sebelumnya. Perbedaan paling terlihat dari bahan pelapis kulit dan motifnya saja.

Ruang kabin juga terasa lebih lega, berkat penyematan panoramic sun roof, dibandingkan sebelumnya hanya sun roof biasa.

Secara keseluruhan, interior Seltos terbaru makin rapi dan lebih mewah dibandingkan model sebelumnya.

Di samping itu, mobil ini juga mendapat sejumlah fitur-fitur terkini. Paling mencolok adalah penggunaan Panoramic Wide Display yang kini mirip dengan Hyundai Kona Electric, dibandingkan sebelumnya yang mirip Stargazer.

Panoramic Wide Display ini terdiri dari layar instrument digital seluruhnya berukuran 10,25 inci dengan layar infotainment yang juga berukuran 10,25 inci.

Terdapat juga Head Up Display yang dapat memberikan informasi tambahan bagi pengemudi saat berkendara.

Pengaturan head unit pun masih sama dengan sebelumnya, dengan tombol-tombol fisik yang mudah dipakai saat berkendara. Begitu juga dengan tombol AC, yang kini sudah Dual Zone Auto Climate Control dan terdapat fitur Front Ventilated Seat.

Di bagian konsol tengah, kehadiran Electronic Parking Brake dengan Auto Hold turut mendongkrak fitur Seltos terbaru, yang sebelumnya pakai tuas konvensional.

Dan tak ketinggalan ada Wireless Charging, serta 8-Way Adjustable Power Driver Seat untuk kenyamanan pengemudi.

Menariknya lagi, apabila dulu Seltos hanya punya Sunroof, kini makin lebar dengan Panoramic Sunroof, yang bikin suasana interior makin lapang.

Beralih ke bagian belakang, ubahannya terbilang minim. Paling kelihatan hadirnya soket charger USB-C dua slot.

Buat penumpang di belakang, bangku baris kedua Seltos juga cukup nyaman, karena terdapat pengaturan reclining 2 step.

Khusus The New Kia Seltos varian 1.5 Turbo, produk ini dibekali dengan fitur keselamatan aktif ADAS yang terdiri dari Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Forward Collision Avoidance Assist with Junction Turning, Lane Keeping Assist, dan Lane Following Assist.

Termasuk, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, High Beam Assist, Safe Exit Warning, dan Driver Attention Warning.

Sayangnya fitur Blind Spot Monitoring dan kamera 360 tidak turut serta dalam paket ADAS milik Seltos terbaru.

Berdasarkan spek di atas kertas, Kia Seltos 1.5 Turbo mengalami kenaikan tenaga, dari mesin sebelumnya yang mengusung 1.400 cc turbo bertenaga 138 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm.

Kini Seltos menggendong mesin 4-silinder Smartstream Kappa berkapasitas 1.482 cc Turbo Dual CVVT bertenaga 157,8 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 253 Nm pada 1.500-3.500 rpm.

Mesin ini menyalurkan tenaga tersebut melalui transmisi otomatis 7-percepatan DCT ke penggerak roda depan.

Dengan transmisi dual clutch, perpindahan gigi Kia Seltos 1.5 Turbo terasa sangat lembut dan mulus. Bahkan hampir tak terasa saat berpindah dari posisi 1 ke 2.

Transmisi cekatan ini juga memengaruhi tes akselerasi Kia Seltos 1.5 Turbo yang meraih waktu di bawah 10 detik, atau 9,4 detik untuk figur 0-100 Kpj.

Namun demikian, transmisi kopling ganda pada mobil ini juga punya kekurangan. Terutama saat dibawa di kondisi macet yang lebih banyak stop and go, mobil akan terasa tersentak-sentak di kecepatan rendah.

Apalagi saat mobil baru mulai jalan, injakan pedal gas harus agak dalam supaya mobil dapat melaju normal. Meski begitu, kekurangan tersebut sebetulnya masuk ke dalam ciri khas atau karakter transmisi dual clutch.

Menariknya, Kia Seltos 1.5 Turbo telah memiliki fitur ADAS, meskipun tidak lengkap. Di antaranya Smart Cruise Control, Lane Following Assist, Lane Keep Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, Blind Spot Collision-Avoidance Assist, dan Adaptive Cruise Control.

Namun, mobil ini belum dilengkapi dengan kamera 360 dan Blind Spot Monitoring. Beruntung ukuran mobil ini cukup ringkas, alhasil membawa Seltos 1.5 Turbo masih cukup praktis buat perkotaan.

Bicara soal suspensi, bantingan mobil ini terasa nyaman buat pemakaian sehari-hari. Untuk melibas speed trap atau polisi tidur di perumahan terasa empuk.

Sedangkan saat dipakai bermanuver di kecepatan tinggi, mobil memang terasa agak limbung. Tapi limbungnya masih dalam batas wajar khas SUV.

Perihal posisi berkendara, Kia Seltos 1.5 Turbo terasa sangat ergonomis. Posisi setir dan duduk bisa diatur sangat fleksibel.

Secara umum, posisi duduk terasa commanding atau agak tinggi. Kondisi ini membuat visibilitas ke segala arah terasa baik.

Sementara di belakang, posisi sandaran bangku terasa nyaman buat perjalanan jauh. Apalagi material jok juga cukup empuk, ditambah atap panoramic, bikin betah berlama-lama di dalam.

Berdasarkan pengujian redaksi Kompas.com, Seltos bermesin Smartstream Kappa berkapasitas 1.482 cc Turbo Dual CVVT menghasilkan konsumsi BBM 14,0 Km per liter berdasarkan perhitungan MID.

Angka ini didapat setelah berkendara kurang lebih 100,9 Km, berkeliling Jakarta di rute kombinasi dalam kota dan tol.

Untuk diketahui, hasil ini menggunakan BBM RON 92 dan mode berkendara yang dipakai bergantian, antara Normal, Sport, dan Eco.

Sebagai informasi, hasil yang diraih Kia Seltos 1.5 Turbo terbilang mirip dengan model sebelumnya, yaitu Kia Seltos GT Line bermesin Kappa TGDI berkapasitas 1.353 cc.

Berdasarkan pengetesan pada tahun 2022, capaian konsumsi BBM dari hasil perhitungan MID mobil ini juga menghasilkan 14 Km per liter.

Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa konsumsi BBM Seltos 1.5 Turbo mungkin sama iritnya dengan Kia Seltos GT Line. Tapi performa SUV ringkas ini jelas lebih bertenaga dan fiturnya makin canggih dari model sebelumnya.

Namun perlu diingat bahwa catatan konsumsi bahan bakar ini tidak bisa dijadikan patokan. Sebab, setiap penguji bisa saja mendapatkan hasil yang berbeda.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi konsumsi bahan bakar mulai dari gaya berkendara, kondisi jalan, bahan bakar yang digunakan, bobot kendaraan, beban yang dibawa di kabin dan sebagainya.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, lantas bagaimana soal biaya servis Kia Seltos 1.5 Turbo?

Berdasarkan data yang kami peroleh dari PT Kreta Indo Artha (KIA), selama 5 tahun pemakaian atau sekitar 100.000 Km, konsumen harus mengeluarkan biaya servis sebesar Rp 18.709.700.

Biaya tersebut untuk ongkos jasa servis dan penggantian spare part yang wajib diganti atau dilakukan.

Artinya bila dibagi per tahun, maka konsumen Kia Seltos 1.5 Turbo perlu menyiapkan estimasi dana Rp 3.741.940.

Sementara untuk biaya perawatan per bulannya hanya menghabiskan Rp 311.828. Sedangkan untuk biaya perawatan per hari estimasinya cukup Rp 10.394.

Berikut ini daftar harga spare part Kia Seltos 1.5 Turbo:

- Oli mesin: Rp 970.000
- Filter oli: Rp 92.800
- Spark plug: Rp 1.210.400
- Filter udara: Rp 197.400
- Filter A/C: Rp 301.700
- Fuel Filter: Rp 578.500
- Van belt: Rp 358.500
- DCT: Rp 624.000
- Gasket oil drain plug: Rp 7.400
- Minyak rem: Rp 126.000
- Engine coolant: Rp 183.000

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/01/144100915/tes-lengkap-kia-seltos-1.5-turbo-ulas-desain-sampai-konsumsi-bbm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke