Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Siapkan 57 Angkutan di 13 Kawasan Pariwisata Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk meningkatkan akses ke destinasi wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan menghadirkan layanan angkutan antarmoda di 13 kawasan pariwisata pada tahun 2024.

Ditjen Perhubungan Darat mencatat bahwa pada tahun 2024 ini telah dilayani sebanyak 57 unit angkutan antarmoda di wilayah pariwisata prioritas.

Rinciannya sebanyak 3 unit bus melayani 3 trayek di wilayah KSPN Danau Toba, sebanyak 4 unit bus melayani 4 trayek di wilayah KSPN Bukittinggi, kemudian 4 unit bus melayani masing-masing 2 trayek di wilayah KSPN Tanjung Kelayang.

Sementara itu, 2 unit bus melayani 2 trayek di wilayah KSPN Tanjung Lesung, 4 unit bus melayani 2 trayek di wilayah KSPN Karst Pacitan, 2 unit bus melayani 2 trayek di wilayah KSPN Likupang dan KSPN Tondano.

"Jumlah armada bus dan trayek terbanyak ada pada KSPN Borobudur yaitu sebanyak 13 unit dan 5 trayek mengingat banyaknya wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut. Kemudian 8 unit bus melayani 4 trayek di wilayah KSPN Mandalika,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin, dalam keterangan resmi, Selasa (24/9/2024).

“Kemudian pada KSPN Bromo Tengger Semeru dan KSPN Kawah Ijen masing-masing terdapat 3 trayek yang dilayani oleh 6 unit bus angkutan KSPN," kata dia.

Lanjutnya, Ia menuturkan masih terdapat wilayah pariwisata yang dilayani oleh 1 trayek angkutan KSPN di antaranya KSPN Labuan Bajo dan KSPN Wakatobi.

Risyapudin juga mengatakan, kehadiran layanan ini bertujuan membuat para wisatawan dapat menjangkau kawasan pariwisata prioritas dengan mudah, aman, nyaman, dan terintegrasi.

"Dari awal layanannya pada tahun 2019 kami terus memberikan subsidi bekerja sama dengan Perum Damri yang menyuguhkan layanan dari dan ke destinasi pariwisata untuk mendorong sektor pariwisata dan perekonomian nasional," ucap Risyapudin.

"Layanan ini tentu akan dikaji dan dievaluasi terus. Apabila ada permintaan yang banyak, kami akan mengupayakan adanya penambahan trayek atau armada," ujarnya.

Pada tahun ini, Ditjen Perhubungan Darat memberikan subsidi angkutan KSPN sebesar Rp 32 miliar. Dan hingga Agustus 2024 telah melayani 133.811 orang penumpang dengan rata-rata penumpang 22.301 orang per bulan.

Terdapat peningkatan load factor sejak layanan angkutan KSPN diluncurkan tahun 2019, setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 55 persen hingga Agustus 2024.

"Saat ini Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan layanan angkutan antarmoda KSPN agar dapat lebih memaksimalkan jumlah permintaan masyarakat," kata Risyapudin.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/25/114200915/kemenhub-siapkan-57-angkutan-di-13-kawasan-pariwisata-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke