Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Lagi Kembangkan Mesin V4 buat MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing mengkonfirmasi rumor kalau Yamaha sedang menyiapkan mesin V4 buat MotoGP. Cuma memang, mesinnya masih dalam pengembangan.

Seperti dikutip dari video wawancara Lin Jarvis dengan MotoGP, Yamaha memang benar sedang menyiapkan mesin V4. Bahkan sekarang sedang sibuk untuk mengembangkan mesin tersebut.

"Itu sudah sejak lama (direncanakan). Inline 4 sebenarnya masih bisa dikembangkan. Tapi saat semua pakai V4, penting buat kami mengerti potensi dari mesin tersebut lawan dengan inline 4," kata Lin Jarvis.

Makanya berdasarkan hal tersebut, Yamaha memutuskan untuk memulai proyek mesin V4 buat MotoGP. Buat progresnya, Lin Jarvis tidak bisa membocorkan, tapi katanya sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Mesinnya sudah dites, tapi belum dipasang ke motor, belum waktunya. Kami sibuk mengembangakn, desain. Saat siap, kami tes ketahanannya dan dibawa ke trek," kata Lin Jarvis.

Buat kapannya mesin V4 akan mulai terlihat di trek, Lin Jarvis bilang saat mesin tersebut sudah mengalahkan mesin yang ada sekarang. Saat ini Yamaha masih melihat, lebih pas pakai V4 atau inline 4 buat musim 2027 di mana pakai regulasi baru.

"Tapi itu (perubahan regulasi) masih lama. Kita harus mulai sekarang, kumpulkan pengalaman. Berdasarkan pengembangan, semoha positif, mungkin di pertengahan 2026 akan terlihat mesin V4 Yamaha dites di trek," kata Lin Jarvis.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/20/201200715/yamaha-lagi-kembangkan-mesin-v4-buat-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke