Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Coating dan PPF

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk memberikan perlindungan mobil. Selain melakukan coating, ada juga yang memilih dengan menggunakan Paint Protection Film (PPF).

Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi cat mobil, namun menggunakan bahan dan teknik yang berbeda.

Daniel, pemilik Barcode Autodetailing, mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan antara coating dan PPF.

“Coating itu menggunakan obat berupa cairan yang kita aplikasikan di bodi mobil, sementara kalau PPF sudah menggunakan stiker atau lapisan film, untuk aplikasinya tinggal ditempel saja,” kata Daniel, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (19/9/2024).

Daniel melanjutkan, PPF saat ini banyak digemari oleh pengguna mobil premium karena mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan.

“Kalau PPF keunggulannya dia lebih kilap dan ‘self healing’, artinya kalau ada goresan sedikit dia bisa kembali lagi seperti semula tanpa perawatan khusus hanya mengandalkan panas sinar matahari. Tetapi kalau goresannya dalam tidak bisa,” ucap Daniel.

Meski demikian, PPF juga memiliki kekurangan. Di mana ada kemungkinan cat mobil terkelupas ketika PPF dilepaskan dari bodi.

“Risiko PPF saat dilepas, ada kemungkinan cat body menempel atau ikut terbawa, walaupun klaimnya tidak akan mengelupas. Kemarin sempat ada konsumen yang lepas PPF tapi bodi mobilnya baik-baik saja, namun waktu pemakaian PPF-nya belum begitu lama,” kata Daniel.

“Sedangkan kalau coating, sejauh ini sudah 10 tahun tidak ada masalah. Konsumen yang ingin bongkar coating-nya bisa menggunakan obat khusus. Kita bersihkan coatingnya, bodi mobil kembali seperti semula,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/20/094200115/banyak-yang-belum-tahu-ini-bedanya-coating-dan-ppf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke