Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Dashcam buat Mobil, Bisa Jadi Bukti Saat Terlibat Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi kamera di kendaraan atau dashcam jadi perangkat penting akhir-akhir ini. Fungsinya bisa menjadi bukti kalau pemilik kendaraan mengalami kejadian apes, seperti tertabrak dan sebagainya.

Salah satu merek dashcam di Indonesia yakni 70mai turut memberikan kesadaran mengenai pentingnya penggunaan kamera kabin. Salah satu caranya dengan mengikuti acara Jambore Nasional X-MOC Indonesia 2024.

Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia atau yang dikenal dengan X-MOC Indonesia merupakan komunitas otomotif yang mengintegrasikan para pemilik Xpander Mitsubishi. Terhitung, pada tahun 2024 X-MOC sudah memiliki lebih dari 6.900 anggota yang tersebar di 22 provinsi dan terbagi ke dalam 38 chapter kota.

Bicara kecelakaan, di Indonesia angkatnya terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, terhitung sejak tahun 2020 mencapai 100.028 terus meningkat hingga 2022. Hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk memproteksi kegiatan berkendara.

Saat ini sudah banyak negara yang mulai sadar tentang pentingnya penggunaan dashcam, bahkan di Filipina terdapat RUU yang dikenal sebagai Dashboard Camera Act of The Philippines. Kebijakan tersebut merupakan imbauan wajib untuk memasang kamera dasbor, bahkan mobil tidak dapat didaftarkan tanpa menyertakan kamera di dalam mobil.

Makanya, 70mai hadir di acara X-MOC untuk menumbuhkan kesadaran mulai dari komunitas terkait pentingnya dashcam untuk memproteksi diri dari kejadian yang tidak diinginkan selama berkendara.

Hal ini sejalan dengan komitmen yang disampaikan oleh Manager Marketing dan PR 70mai Indonesia Deodato Esperanza. Upayanya terus merangkul agar dapat lebih sadar soal peran dashcam.

"Kami terus berupaya untuk merangkul teman-teman, salah satu caranya melalui komunitas ini agar dapat lebih sadar terhadap peran dashcam untuk memproteksi pengendara dari segala hal yang dapat terjadi selama berkendara," ujar Deodato.

Kehadiran 70mai pada acara komunitas tersebut tidak hanya untuk mengedukasi, melainkan turut memeriahkan acara dengan diantaranya ialah dukungan untuk terselenggaranya acara yang meliputi suksesi santunan anak yatim, kompetisi audio, kontes modifikasi, hingga kejutan doorprize untuk peserta yang beruntung.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/19/170019315/pentingnya-dashcam-buat-mobil-bisa-jadi-bukti-saat-terlibat-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke