Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MG Bicara Keinginan Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak produsen mobil listrik yang berinvestasi di Indonesia, tidak hanya membangun pabrik mobil, tapi juga pabrik baterai. Langkah tersebut juga ingin dilakukan oleh Morris Garages (MG).

"Kami akan berinvestasi mengembangkan pabrik baterai di Indonesia, sehingga bisa memproduksi kendaraan dengan kualitas tinggi di pasar," ujar CEO MG Motor Indonesia He Guowei, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Saat ini, MG Motor Indonesia sudah memiliki pabrik perakitan di fasilitas milik induk perusahaannya, yakni SAIC Motor. Fasilitas tersebut menjadi satu dengan Wuling Motors, yang juga merupakan anak perusahaan dari SAIC.

Dua model mobil listrik sudah dirakit secara lokal di pabrik tersebut, yakni MG 4 EV dan New ZS EV. Untuk Cyberster yang baru meluncur Juli 2024, statusnya masih diimpor secara utuh alias Completely Built Up (CBU).

Head of Marketing MG Motor Indonesia Muhamad Irvan Mustafa, mengatakan, untuk membangun pabrik baterai di Indonesia sebenarnya merupakan rencana jangka panjang. Jadi, baru sebatas keinginan, belum ada detail rencana untuk realisasinya.

"Intinya, dari global (MG Motor) juga melihat kesempatan untuk untuk bisa membangun pabrik baterai. Tapi, kembali lagi itu masih membutuhkan waktu dan harus banyak diskusi serta pertimbangan," ujar Irvan.

Untuk pabrik baterai ini, Irvan menambahkan, bisa saja atas nama MG Motor atau Wuling, atau mungkin SAIC sebagai induk perusahaan. Menurut Irvan, segalanya bisa saja terjadi dan semua kemungkinan pasti dipertimbangkan secara matang.

"Karena kan, bisa jadi berbagi platform juga sama merek yang lain. Mungkin tapi ya," kata Irvan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/18/164100115/mg-bicara-keinginan-bangun-pabrik-baterai-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke