Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor UMKM Dongkrak Populasi Daihatsu Gran Max

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pertama kali diluncurkan pada 2007 di Indonesia, populasi Daihatsu Gran Max sampai saat ini telah lebih dari 830.000 unit. Mayoritas konsumen berasal dari pengusaha atau pebisnis yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini selaras dengan tujuan Daihatsu yang menghadirkan Gran Max untuk mendukung kegiatan pelaku UMKM sebagai penggerak ekonomi nasional dari beragam sektor. Mulai logistik, komoditas, industri kreatif, kuliner, dan ragam bisnis lain.

Penjualan Gran Max pikap hingga Agustus 2024 mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian kontribusi 56 persen dari segmen pikap low melalui penjualan 28.222 unit.

Untuk model Gran Max mini bus (MB) menyumbang 92 persen di segmen low semi commercial dengan total penjualan hingga 9.488 unit.

Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, Gran Max terbukti andal secara kualitas, daya angkut muatan, harga kompetitif, serta kemudahan dalam perawatan, dan suku cadang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pelaku usaha terhadap Daihatsu Gran Max sebagai bagian dari perkembangan bisnis mereka, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Agung dalam keterangan resminya, Selasa (17/9/2024).

Tak hanya itu, Daihatsu juga berupaya memberikan kemudahan dalam hal perawatan, khususnya model pikap.

Dari layanan servis gratis, servis di mana saja dengan dukungan 293 Daihatsu Mobil Service (DMS), juga 174 bengkel resmi yang tersebar di suluruh Indonesia.

Gran Max hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Khusus varian 1.500 cc, Gran Max menggunakan mesin baru 1.5L 2NR-VE Dual VVT-I yang diklaim bertenaga dan memudahkan pengusaha membawa beragam muatan secara maksimal tanpa mengabaikan keiritan bahan bakar.

Tipe Gran Max 1.500 cc hadir dengan ground clearance lebih tinggi 15 mm lantaran menggunakan pelek 14 inci. Selain itu, varian ini juga dilengkapi Electronic Power Steering (EPS) untuk memudahkan pengendaranya.

Interiornya diberikan sentuhan baru, melalui desain setir yang lebih memudahkan berkendara juga tambahan cup holder serta dasbor storage untuk memudahkan penempatan barang yang serbaguna.

Daihatsu menyediakan Gran Max dalam berbagai tipe, untuk pikap dipasarkan dari Rp 161.450.000, model blind van mulai Rp 179.100.000, dan Gran Max Mini Bus dari Rp 205.250.000 on the road (OTR) Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/18/103100815/sektor-umkm-dongkrak-populasi-daihatsu-gran-max

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke