Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW M5 Jadi Safety Car MotoGP, Punya Tenaga 717 Hp

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil mewah asal Jerman, BMW, masih menjadi penyedia safety car untuk ajang balap motor bergengsi MotoGP.

Pada MotoGP San Marino, BMW menghadirkan model terbaru M5 untuk memainkan peran utama di lintasan balap sebagai Safety Car MotoGP. Menggantikan XM Label Red yang sebelumnya mengemban tugas tersebut.

“Kami selalu berupaya untuk memastikan keselamatan dengan mobil-mobil berperforma tinggi yang paling inovatif saat para pembalap motor terbaik dunia turun ke lintasan. Kami melanjutkan tradisi ini dengan BMW M5 MotoGP Safety Car," kata Sylvia Neubauer, Wakil Presiden Pelanggan, Merek, dan Penjualan di BMW M GmbH, dikutip dari MotoGP, Selasa (10/9/2024).

Secara tampilan, BMW telah menghiasi eksterior M5 Safety Car dengan corak khusus yang terinspirasi dari M Hybrid endurance race car.

Sebagian besar bodi mobil ini dilabur dengan warna hitam doff, namun ada beberapa bagian yang berwarna putih, biru, merah dan ungu. Tampilannya terlihat garang dan lengkungan roda yang besar itu sangat agresif.

Dikutip dari Carscoops, M5 generasi terbaru ini ditenagai oleh mesin V8 twin-turbocharged 4,4 liter yang menghasilkan 577 hp antara 5.600 - 6.500 rpm dan torsi 750 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm.

Untuk menambah tenaga, mobil ini menggunakan sistem hibrida dan motor listrik yang menghasilkan total tenaga 717 hp dan torsi 1.000 Nm.

Nantinya, mobil BMW M5 juga akan diberikan kepada rider yang mendapat penghargaan BMW M Award. Penghargaan ini diberikan kepada pebalap dengan kualifikasi terbaik selama musim MotoGP.

Seperti Francesco Bagnaia yang berhasil membawa pulang kunci BMW XM Label Red usai memenangkan hadiah utama, di musim 2023 lalu. 

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/11/104200915/bmw-m5-jadi-safety-car-motogp-punya-tenaga-717-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke