Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Warna Rambu Lalu Lintas, Masing-masing Punya Arti Berbeda

SOLO, KOMPAS.com - Berkendara di jalan umum atua jalan tol pasti akan menemukan papan rambu penunjuk jalan yang memiliki warna berbeda-beda.

Berdasarkan unggahan akun X (Twitter) @TMCPoldaMetro, total ada lima warna dasar rambu lalu lintas yang memiliki arti berbeda-beda, sehingga perlu dipahami setiap mengemudikan kendaraan bermotor.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, warna rambu lalu lintas memiliki arti dan berguna untuk menjaga keamanan pengguna jalan.

“Warna rambu lalu lintas ada beberapa, masing-masing berbeda arti. Fungsi dari rambu tersebut adalah untuk memandu arah dan kondisi lingkungan dalam perjalanan supaya lebih selamat,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Semenatara, lima warna rambu lalu lintas tersebut yaitu ada biru, kuning, hijau, merah dan putih. Adapun untuk artinya, sebagai berikut:

Selain itu, pada Pasal 287 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan, setiap pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas bisa dikenakan denda Rp 500.000.

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/27/124200615/mengenal-warna-rambu-lalu-lintas-masing-masing-punya-arti-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke