Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Bonceng Tiga yang Penting Diketahui Pengendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan kerap terlihat di jalan adalah bonceng tiga, yaitu membawa dua penumpang sekaligus pada satu sepeda motor. Meskipun terlihat sepele, tindakan ini sebenarnya memiliki risiko kecelakaan tinggi.

Victor Assani selaku ketua bidang Road Safety and Motorsport Asisiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, menjelaskan, risiko membahayakan dari bonceng tiga pada sepeda motor.

Menurutnya, ketika sepeda motor yang didesain untuk dua orang diisi tiga orang, potensi bahaya meningkat secara signifikan. Bonceng tiga tidak hanya melanggar peraturan lalu lintas, tetapi juga berpotensi mengancam nyawa pengendara dan penumpang.

"Pertama, bonceng tiga sudah merupakan pelanggaran peraturan, khususnya UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ). Dalam undang-undang tersebut, dinyatakan bahwa sepeda motor dilarang membawa penumpang lebih dari satu orang," kata Viktor kepada Kompas.com, Senin (13/8/2024).

Ia lantas menjelaskan dari aspek teknis bahwa berkendara membawa dua penumpang akan sangat mengganggu stabilitas dalam berkendara.

"Selain itu, sepeda motor memiliki dua roda, sehingga sangat memerlukan keseimbangan dalam pengendaraannya. Dengan penumpang lebih dari satu, keseimbangan kendaraan akan terpengaruh, terutama karena adanya gerakan-gerakan dan beban tambahan dari penumpang," tambah Viktor.

Selain mengurangi stabilitas kendaraan, beban tambahan dari dua penumpang ekstra dapat mempengaruhi keseimbangan sepeda motor, terutama saat berbelok atau mengerem mendadak. Kondisi ini membuat pengendara sulit mengendalikan sepeda motor, sehingga risiko kecelakaan menjadi lebih tinggi.

Ia juga menekankan bahwa bahkan membawa satu penumpang yang tidak paham teknik berkendara bisa berbahaya, apalagi jika ada dua penumpang.

"Jadi, sepeda motor yang ditumpangi lebih dari dua orang akan memiliki risiko kecelakaan yang lebih besar. Faktor keseimbangan dan beban tambahan akan menjadi kontributor penyebabnya," kata Viktor.

Setiap pengendara semestinya mematuhi peraturan yang dibuat demi keselamatan pengendara sendiri di jalan. Jangan sampai keinginan untuk berbonceng tiga berujung pada kecelakaan yang merugikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/13/072200815/bahaya-bonceng-tiga-yang-penting-diketahui-pengendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke