Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Video BeAT Injeksi dan Karbu Lewat Tanjakan, Mana yang Unggul?| Khusus Mobil, Ini Cara Dapatkan QR Code Pembelian Pertalite

JAKARTA, KOMPAS.com – Melewati jalan menanjak seringkali dikhawatirkan oleh pengendara sepeda motor. Sebab, bila motor tidak dalam kondisi prima atau salah pengoperasian hasilnya tidak kuat menanjak.

Seperti yang terjadi dalam unggahan Instagram @youtubechanneljalanan, yang memperlihatkan BeAT injeksi dan karbu melewati tanjakan. Hasilnya, BeAT karbu terlihat lebih unggul.

Dilihat dari tahun kendaraan, BeAT injeksi lebih muda daripada yang karbu. Namun, dalam video BeAT dengan mesin karburator malah lebih unggul dan bisa melewati jalan menanjak lebih mudah.

Selain itu yang tak kalah menarik tentang cara mendapatkan kode QR pembelian Pertalite untuk pengguna roda empat.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 10 Agustus 2024.

1. Khusus Mobil, Ini Cara Dapatkan QR Code Pembelian Pertalite

Pertamina Patra Niaga kembali melanjutkan perluasan proses pendataan transaksi pembelian Pertalite berbasis QR.

Hal ini dilakukan dilakukan di wilayah Jawa Madura Bali (Jamali) dan beberapa wilayah non Jamali, yakni Kepulauan Riau, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, yang nantinya penerapan full transaksi menggunakan QR akan dilakukan secara bertahap.

Bagi pemilik mobil yang ingin melakukan pendaftaran, Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Heppy Wulansari mengatakan, saat ini program subsidi tepat masih terus dibuka.

2. Ketahui Bahaya Lupa Menurunkan Rem Tangan

Rem parkir atau rem tangan melengkapi sistem pengereman pada mobil sebagai perangkat jangkar. Sistem ini menahan posisi mobil agar tidak bergeser saat ditinggal pengemudi.

Sistem ini memanfaatkan perangkat rem utama pada mobil, lewat tuas penggerak yang terpisah dengan pedal rem.

Berhubung mekanismenya terpisah dengan rem utama, tak jarang pengemudi lupa membebaskan rem parkir secara penuh saat mengoperasikan mobil.

3. Catat, Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku Akhir Pekan Ini

Pengendara yang menuju ke arah Puncak pada akhir pekan ini diimbau mengatur waktu perjalanan dan memperhatikan aturan yang berlaku.

Sebab, Satlantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap untuk mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.

“Jumat, Sabtu, Minggu tanggal 09, 10, 11 Agustus 2024 jalur Puncak diberlakukan ganjil genap,” tulis Instagram resmi @tmcpolresbogor, Jumat (9/8/2024).

Seperti diketahui, kebijakan ganjil genap tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 84 Tahun 2021. Oleh karena itu, petugas mengimbau pengendara untuk menaati peraturan yang berlaku di lapangan.

4. Jalur yang Ditutup Selama Kirab Bendera Merah Putih Pagi Ini

Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta akan menutup sejumlah ruas jalan sehubungan dengan kegiatan kirab bendera pusaka pada pagi ini, Sabtu (10/8/2024).

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kegiatan ini akan berlangsung di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bandara Halim Perdanakusuma menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Rekayasa lalu lintas berlangsung secara situasional mulai pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB di beberapa ruas jalan yang bersinggungan dengan rute kirab," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8/2024).

5. Awas Macet, Mulai Hari Ini Ada Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-Tangerang

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT), kembali melanjutkan proses pekerjaan pemeliharaan perkerasan jalan di Ruas Tol Jakarta-Tangerang.

Bagi pengguna kendaraan yang hendak melintas, harap mengatur waktu dan rute perjalanan mengingat adanya potensi kepadatan yang mungkin saja terjadi.

Apalagi untuk lajur yang menjadi objek pekerjaan, untuk sementara waktu tidak dapat dilintasi selama berlangsungnya pemeliharaan.

Sementara untuk lajur lain masih bisa digunakan sebagai lajur lalu lintas. Pekerjaan pemeliharaan mulai dilakukan pada 10 sampai 20 Agustus 2024, baik untuk arah Merak atau Jakarta dengan titik lokasi sebagai berikut.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/11/070435115/populer-otomotif-video-beat-injeksi-dan-karbu-lewat-tanjakan-mana-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke