Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susul Recaro, Produsen Pelek BBS Juga Bangkrut

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek pelek aftermarket asal Jerman, BBS, mengajukan proses pailit di pengadilan Rottweil, Jerman. BBS bangkrut setelah tidak bisa membayar gaji karyawan.

Kabar BBS bangkrut menambah daftar perusahaan komponen otomotif yang gulung tikar pada 2024. Padahal baru sebelumnya, merek jok Recaro juga mengajukan pailit.

Dilansir dari Paultan, perusahaan dengan lama lengkap BBS Automotive GmbH tersebut dilaporkan telah berhenti membayar gaji karyawan sejak Mei 2024.

Masalah keuangan yang dialami perusahaan yang didirikan oleh Heinrich Baumgartner dan Klaus Brand itu sebetulnya bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya BBS pernah bangkrut sebanyak empat kali yaitu pada 2007, 2010, 2020, dan 2023.

“Kami tidak akan pernah mengecewakan orang-orang yang telah menempuh jalan ini bersama kami," kata ISH Management Services, perusahaan terakhir yang mengakuisisi BBS sebelum bangkrut 2023.

"Kami tidak akan pernah menyerah pada merek BBS, yang bagi kami adalah salah satu merek global terbesar di Jerman. Kami punya rencana dan bertekad untuk mengimplementasikannya,” kata perusahaan.

Berita bangkrutnya BBS kali kelima ini mengejutkan operasi BBS di luar negeri yang bersifat independen.

Presiden BBS Amerika Serikat Craig Donnelly mengatakan, bahwa berita tersebut mengejutkan, tetapi meyakinkan bahwa operasi di AS berada di bawah kepemilikan yang berbeda dan tidak terpengaruh.

“Kami tidak bergantung pada keseluruhan situasi itu. Tapi ini adalah situasi yang buruk bagi semua orang secara keseluruhan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada saat ini,” katanya.

Hal serupa juga dikabarkan oleh BBS Jepang, yang pada kebangkrutan sebelumnya (2023) menyatakan bahwa tidak ada hubungan ekuitas antara BBS Automotive GmbH (Jerman) dan BBS Jepang.

BBS Jerman memproduksi pelek casting wheels sementara BBS Jepang memproduksi dan memproduksi forged wheels. BBS Jepang tidak menjual dan mengimpor pelek dari BBS Jerman.

BBS juga mengklarifikasi bahwa BBS Motorsports, produsen pelek balap yang berbasis di Jerman, merupakan anak perusahaan yang 100 persen dimiliki oleh BBS Jepang dan merupakan perusahaan terpisah dari BBS Automotive GmbH.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/01/155226215/susul-recaro-produsen-pelek-bbs-juga-bangkrut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke