Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Capaian Positif Astra Financial di GIIAS 2024, Tembus 6.780 SPK

JAKARTA, KOMPAS.com- Industri otomotif di Indonesia belum bisa lepas dari sejumlah permasalahan. Kondisi ini terlihat dari penjualan mobil nasional yang kembali menurun hingga berakhirnya kuartal I-2024.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) mobil baru secara nasional turun 23,9 persen year on year (YoY) menjadi 215.069 unit pada Januari-Maret 2024.

Pada periode yang sama, penjualan retail (diler ke konsumen) mobil baru secara nasional juga menyusut 15 persen YoY menjadi 271.423 unit.

Menurut Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, kondisi itu tidak lepas dari belum pulihnya daya beli sebagian masyarakat, akibat pertumbuhan ekonomi yang belum stabil. Beberapa konsumen juga ragu membeli mobil baru di tengah tren suku bunga acuan yang masih tinggi dan tren pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Meski begitu, penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, diharapkan bisa menjadi pemicu tumbuhnya pasar.

Terbukti, laporan dari para peserta pameran mendapatkan hasil yang cukup bagus. Salah satunya Astra Financial sebagai platinum sponsor bersama sepuluh unit bisnisnya berhasil melampaui target dengan nilai transaksi yang dibukukan mencapai Rp 2,53 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 4,70 persen dibandingkan GIIAS tahun sebelumnya.

Adapun jumlah pencapaian penyaluran tercatat sebanyak 6.780 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk roda empat dan roda dua.

Sepuluh unit bisnis dari Astra Financial yang hadir mendukung GIIAS 2024, yaitu FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa dan Bank Saqu hadir dengan kinerja yang memuaskan.

Suparno Djasmin, Director-in-Charge Astra Financial mengatakan Astra Financial berkomitmen untuk ikut mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional melalui keterlibatan sebagai platinum sponsor di GIIAS 2024 sejak 2018.

“Target transaksi sebesar Rp 2,80 triliun untuk GIIAS Tangerang dan Surabaya. Sampai penutupan acara di Tangerang nilai transaksi yang diraih telah mencapai Rp 2,53 triliun atau melebihi 100 persen dari target yang dicanangkan sebesar Rp 2,30 triliun,” ucap Suparno, Senin (29/7/2024).

Tan Chian Hok, Project Director Astra Financial GIIAS 2024 mengatakan pencapaian transaksi tersebut tak lepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial.

“Hal tersebut juga didorong oleh beragam promo menarik yang dihadirkan sebagai upaya memudahkan pengunjung GIIAS 2024 untuk memiliki kendaraan impiannya,” ucap Tan, Senin (29/7/2024).

Promo yang ditawarkan antara lain dari ACC & TAF untuk pembiayaan kendaraan roda empat, FIFGROUP untuk pembiayaan kendaraan roda dua, dan proteksi kendaraan dari Asuransi Astra serta proteksi jiwa dari Astra Life.

Didukung oleh layanan keuangan digital SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa, dan Bank Saqu yang juga turut memberikan program khusus untuk memberikan kemudahan bertransaksi selama GIIAS 2024.
Selama 11 hari penyelenggaraan GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang, seluruh bisnis unit Astra Financial mampu menunjukkan kinerja yang prima.

Transaksi untuk roda empat yang dicatatkan Astra Financial melalui ACC dan TAF pada GIIAS 2024 meningkat sebesar 4,80 persen secara tahunan menjadi senilai Rp 2,47 triliun dari 6.210 SPK dibandingkan GIIAS tahun lalu.

Sementara itu, transaksi untuk sepeda motor Honda yang dilakukan oleh FIFGROUP di GIIAS 2024 mencapai Rp 12,42 miliar. Dari sisi jumlah unit yang dibiayai hampir sama dengan capaian tahun lalu, yakni dari 567 unit menjadi 570 unit atau meningkat 0,50 persen.

Pada proteksi kendaraan Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai pada perhelatan GIIAS 2024 mencapai Rp 2,78 miliar. Angka tersebut naik 21,40 persen dibanding tahun lalu yang tercatat senilai Rp 2,28 miliar.

Sedangkan untuk proteksi jiwa, Astra Life membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp 27,01 miliar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 26,68 miliar atau meningkat 1,20 persen.

SEVA sebagai platform pencarian mobil yang menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen berhasil mencatatkan 4.567 Instant Approval atau meningkat 16.9 persen dibanding tahun lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/31/192007915/capaian-positif-astra-financial-di-giias-2024-tembus-6780-spk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke