Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Pasang Dashcam pada Mobil

TANGERANG, KOMPAS.com - Dashcam pada mobil sudah menjadi kebutuhan masyarakat pasalnya berbagai kejadian di jalan dapat disalahpahami tanpa adanya bukti.

Dengan adanya bukti atau rekaman video saat terjadi peristiwa luar biasa di jalan maka akan diketahui dengan lebih pasti kronologinya seperti apa.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, dashcam memiliki perang penting, hal itu yang membuat negara-negara lain kini mewajibkan penggunanya untuk mobil.

“Indonesia ini sebenarnya kebiasaan pengguna jalan raya jelek. Mulai dari memotong jalur, hingga kecepatan tinggi tidak pada situasi yang tepat. Maka menurut saya penting sekali mobil dipasang dashcam agar tidak saling menyalahkan jika terjadi sesuatu,” ujar Sony, kepada Kompas, belum lama ini.

Sony mengatakan banyak peristiwa tak terduga di jalan raya, keberadaan dashcam bisa membantu bila terjadi konflik, apalagi bila menyerempet ke ranah hukum.

Dalam kata lain, dashcam juga memiliki fungsi adalah sebagai barang bukti apabila terjadi kecelakaan. Video yang direkam akan menjadi hal penting jika terjadi sesuatu.

Misal, saat terjadi kecelakaan atau masalah antar pengguna jalan, biasanya bakal terjadi pertikaian karena tak ada yang mau disalahkan.

Nah, dengan adanya bukti rekaman dari dashcam, akan meminimalisir aksi saling menyalahkan saat terlibat insiden dengan pengguna jalan lain.

Arianto Furiady, CEO PT Super Spring mengatakan Dekka menawarkan solusi lengkap gratis biaya pasang dashcam, memory-card, dan juga sudah termasuk hard-wire kit.

"Pembeli tidak perlu repot lagi mencari bengkel tempat pasang dan tidak ada biaya tersembunyi lainnya. Jadi pembeli lebih mudah karena kalau ada kendala, cukup hubungi kami dan akan langsung kami tangani" ucap Ariyanto.

Dashcam ini akan terus merekam keadaan di sekitar kendaraan sehingga menurut Ariyanto bisa membantu melindungi kendaraan dan pengemudi dari tindakan jahat dan juga sebagai bukti rekaman dalam dalam berbagai kasus.

"Dengan video yang tersimpan, pengguna dapat menunjukkan keadaan sebelum, selama, dan setelah kejadian," ucap Ariyanto.

Ariyanto mengatakan dashcam DEKKA memiliki harga terjangkau mulai Rp 900.000-an untuk tipe 1 kamera, tanpa ada embel-embel biaya tersembunyi karena sudah mencakup gratis pemasangan, gratis hardwire kit (untuk mode parkir), dan gratis juga memory cardnya.

Adapun garansi yang mereka berlakukan di Dashcam DEKKA ini adalah selama 2 tahun. Garansi ini jadi yang terpanjang yang ditawarkan produsen Dashcam di Indonesia pada saat ini.

Jika dalam masa garansi terdapat kerusakan, maka akan langsung ganti baru. Tentu ini adalah jaminan yang tidak semua produsen aksesoris kendaraan seperti dashcam bisa melakukannya. Namun produsen Dashcam Dekka berani memberikan garansi yang fenomenal itu.

Dashcam Dekka yang lebih advance juga terdapat satu buah kamera tambahan untuk menghadap ke belakang, dan resolusi video hingga 4K, selain itu juga terdapat GPS yang dapat memberikan informasi koordinat lokasi pada video hasil rekaman.

Berikut penawaran menarik selama GIIAS 2024:

  • Setiap pembelian GPS Tracker Tipe Guarda dan Cammy memdapatkan Voucher MAP Rp 100.000
  • Dk10 1 Camera: Free Memory 64 GB, harga Rp 999.000 diskon Rp 100.000 menjadi Rp 899.000
  • Dk20 2 Camera: Resolusi 2k, Free Memory 64 GB, harga Rp 1.999.000
  • Dk40 2 Camera: Resolusi 4K, Free Memory 128 GB, harga Rp 2.599.000 diskon Rp 400.000 menjadi RP 2.199.000

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/164440915/manfaat-pasang-dashcam-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke