Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fuso eCanter, Bukti Kendaraan Niaga Mampu Masuk Era Elektrifikasi

TANGERANG, KOMPAS.com - Segmen kendaraan niaga kian maju pesat seiring perkembangan zaman dan tren kendaraan elektrifikasi. 

Itu ditandai dengan kehadiran bus listrik eCanter yang baru saja diluncurkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

Peluncuran di listrik ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Hall 2 ICE BSD, Tangerang. Kehadiran truk listrik eCanter ini menjadi warna baru di dunia kendaraan komersial di Indonesia.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB mengatakan, eCanter jadi bukti pentingnya inovasi teknologi dalam kendaraan niaga agar bisa berkontribusi positif pada lingkungan hidup dan pengguna jalan.

"Hadirnya Mitsubishi Fuso eCanter membuktikan komitmen kami yang sangat kuat untuk berkontribusi pada lingkungan, tanpa harus mengorbankan kinerja kendaraan niaga dalam mendukung operasional bisnis," kata Aji di GIIAS 2024. 

Membawa tema Leading Innovation, eCanter jadi bintang di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024. Hal itu sejalan dengan eCanter yang menawarkan solusi transportasi ramah lingkungan tanpa emisi gas buang.

“Kami hadirkan Fuso eCanter pada GIIAS tahun ini sebagai wujud dari tema yang kami bawa
yaitu Leading Innovation dan juga sebagai komitmen kami terhadap regulasi emisi gas buang
dari pemerintah,” kata Aji. 

Sebelum resmi dijual di Indonesia, truk tanpa emisi ini sudah diperkenalkan pada 2017 lalu dengan beberapa ukuran baterai. 

Adapun Fuso eCanter yang diluncurkan adalah tipe baterai ukuran M berkapasitas 83kWh yang mampu menempuh jarak 140KM dengan GVW sebesar 6 ton.

Keunggulan dari truk listrik ini adalah  panjang wheelbase 3,4 meter dan torsi yang besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal. Desain sasis yang rata juga memudahkan konsumen dalam proses pembuatan karoseri.

Untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan saat parkir, eCanter dilengkapi dengan kaca
spion kabin yang terintegrasi dengan kamera belakang.

Fitur ini membantu pengemudi dalam memarkir kendaraan dengan aman, mengurangi risiko tabrakan dengan objek atau pejalan kaki di sekitar kendaraan.

"Kemudian kendaraan niaga ini juga memiliki fitur keamanan yang paling canggih di kelasnya, mulai dari AVAS, IHC, dan Lane Departure Warning System. Semua fitur ini dihadirkan untuk memastikan kenyamanan dan tentunya keamanan bagi para supir truk Indonesia," kata Aji.

Fuso eCanter sudah resmi dijual PT KTB, hanya saja tidak diumumkan harga resminya. Menurut Aji, harga eCanter bisa disesuaikan dengan paket yang diinginkan konsumen.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/162100115/fuso-ecanter-bukti-kendaraan-niaga-mampu-masuk-era-elektrifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke