Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Mobil Baru yang Melantai di GIIAS 2024, tapi Belum Dijual

TANGERANG, KOMPAS.com - Banyak pabrikan yang memperkenalkan mobil baru pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Namun, masih sekadar perkenalan dan belum dijual.

Beberapa merek yang melakukannya tercatat dari pabrikan Eropa, Jepang, dan China, seperti smart, Honda, Daihatsu, Build Your Dreams (BYD), Aion, Jetour, dan Great Wall Motor (GWM).

Beragam alasan mengapa pabrikan belum mau memasarkan model yang dipamerkan, antara lain masih melakukan riset, sedang mengetes pasar, belum siap dengan purna jualnya, dan lain-lain.

Berikut ini deretan mobil baru yang dipamerkan di GIIAS 2024, tapi belum dipasarkan:

1. Aion Hyptec HT

GAC Aion membawa banyak model pada pameran otomotif ini. Salah satunya adalah Hyptec HT yang dibekali beragam fitur dan teknologi canggih. Bagian yang paling menarik dari mobil ini adalah pintunya yang terbuka ke atas alias model Gullwing, mirip seperti Tesla Model X.

Harganya memang sudah sempat diumumkan, yakni Rp 685 juta. Tapi, GAC Aion masih belum berminat untuk memasarkannya saat ini.

2. Aion Hyper SSR

Hyper SSR sebenarnya merupakan anak usaha dari GAC Aion. Tapi, merek otomotif ini lebih difokuskan kepada mobil mewah dengan teknologinya yang canggih.

Hyper SSR sebenarnya sudah diluncurkan secara global pada September 2022. Pada GIIAS 2024 ini, mobil yang tergolong ke dalam supercar tersebut hanya dipamerkan.

3. BYD Yangwang U8

BYD kembali memamerkan model terbarunya di GIIAS. Kali ini, model yang dibawa adalah Yangwang U8, yang sebenarnya merupakan anak usaha dari BYD.

Sport utility vehicle (SUV) listrik ini sukses menarik perhatian pengunjung. Pasalnya, mobil ini dapat berputar 360 derajat di tempat.

4. Daihatsu Rocky Hybrid

Bukan pertama kali Rocky Hybrid dipamerkan di Indonesia. Daihatsu sudah beberapa kali membawa SUV hybrid yang dipasarkan di Jepang tersebut.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku belum berminat menjual Rocky Hybrid. Saat ini, fokusnya masih untuk memenuhi kebutuhan konsumen pertama alias first car buyer.

5. GWM Tank 300 HEV

SUV hybrid terbaru ini juga masih dalam tahap perkenalan ke konsumen. Mobil ini memiliki kemampuan off-road yang cukup berbeda dari SUV pada umumnya. Pasalnya, Tank 300 HEV memang sengaja didesain untuk menghadapi medan yang berat.

GWM mengeklaim Tank 300 HEV dapat melintasi genangan air yang kedalamannya mencapai 700 mm. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur Tank Turn yang akan memudahkan pengemudi saat bermanuver di medan off-road.

6. Honda Step WGN e:HEV

Pada GIIAS 2024, Honda tidak meluncurkan mobil baru, melainkan hanya sekadar memperkenalkan dua model. Salah satunya adalah mobil hybrid Step WGN.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pihaknya masih mempelajari kebutuhan konsumen. Jika penerimaan dari konsumen cukup baik, bukan tidak mungkin multi purpose vehicle (MPV) hybrid ini akan dipasarkan di Indonesia.

7. Honda e:N1

Kendaraan elektrifikasi lainnya yang dipamerkan Honda pada GIIAS 2024 adalah e:N1. Mobil listrik berbasis baterai ini pertama kali diperkenalkan di China pada 2022.

Saat ini, e:N1 baru sekadar diperkenalkan dan Honda baru akan mulai memasarkannya pada 2025.

8. Jetour Dashing

Jetour juga merupakan pabrikan dari China dan sebenarnya adalah anak usaha dari Chery. Jetour memperkenalkan Dashing yang masuk ke dalam segmen SUV.

Mobil tersebut masih mengandalkan mesin konvensional 1.5 L, turbo, yang dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan Dual Clutch Transmission (DCT). Kabarnya, Dashing baru akan diluncurkan pada akhir tahun.

9. Jetour X70 Plus

Selain Dashing, Jetour juga membawa X70 Plus yang merupakan SUV 7-penumpang. Mesinnya juga berkapasitas 1,5 L dan dipadukan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan DCT.

Tampilannya cukup agresif dan elegan. Namun, belum diketahui apakah Jetour juga berencana untuk memasarkannya atau hanya sekadar memamerkannya.

10. Smart #3 Premium dan Brabus

Merek smart hadir kembali di Indonesia dengan dibawa oleh Inchcape. Sebagai awalan, smart langsung menghadirkan satu model, tapi dengan dua varian.

Model yang dibawa adalah smart #3, tersedia varian Premium dan Brabus. Belum diketahui kapan smart berencana untuk memasarkan mobil listrik tersebut di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/131200115/10-mobil-baru-yang-melantai-di-giias-2024-tapi-belum-dijual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke