Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Naik Bus Unicorn Indorent dari Jakarta ke Kartasura

SOLO, KOMPAS.com - PO Unicorn Indorent merupakan salah satu layanan bus antar kota antar provinsi yang memiliki fasilitas mewah dengan jenis bus double di Indonesia.

Pada, Senin (22/7/2024) tim Kompas.com mendapat kesemapatan untuk mencoba merasakan perjalanan menggunakan Bus Unicorn Indorent kelas Executive Class trayek Jakarta-Yogyakarta.

Tertulis pada tiket, keberangkatan dimulai dari Terminal Kampung Rambutan pukul 06.40 WIB, namun karena tim Kompas.com terjebak macet saat menuju terminal akhirnya naik dari Pulo Gebang pukul 07.30 WIB.

Hal ini menjadi tanda bahwa Bus Unicorn Indorent memiliki ketepatan jam keberangkatan yang sesuai jadwal. Meski begitu sebelum mengubah titik penjemputan penumpang, pihak Indorent memberikan informasi, penumpang tidak akan tertinggal.

Pukul 07.30 WIB, Unicorn Indorent berangkat, dan sebelum masuk ke dalam bus pramugari akan membantu memasukan barang bawaan berukuran besar, seperti koper ke bagasi bus, dan barulah bus berangkat.

Masuk ke dalam bus, tim Kompas.com medapat nomor kursi 1A yang berada di deck atas paling depan, sehingga bisa melihat ke depan dengan jelas. Selain itu, sudah disediakan snack roti dan air mineral

Untuk kursi penumpang, bus Unicorn Indorent deck atas menggunakan konfigurasi 2-1 dengan tipe leg rest, sehingga penumpang bisa mengatur kursi dan terdapat fitur USB port yang bisa digunakan mengecas ponsel.

Perlu dicatat, USB port ini hanya boleh digunakan untuk mengecas ponsel saja, dan tidak diperkenankan untuk cas powerbank atau laptop.

Sebagai informasi, pada kursi paling depan tidak ada bagasi di atas penumpang, sehingga untuk tas dan bawaan ditaruh di depan kursi.

Depan kursi penumpang juga ada fasilitas hiburan dari AVOD yang tersambung internet untuk membuka mendengarkan musik atau bermain game.

Namun, jika ingin mendengarkan musik atau lain hal, penumpang perlu membawa headset kabel sendiri yang nantinya disambungkan dengan AVOD.

Saat tim Kompas.com mencoba failitas AVOD untuk membuka Youtube, internetnya lambat namun masih bisa digunakan meski lama.

Lanjut pada sisi atas penumpang, terdapat kisi gril AC yang bisa untuk mengubah-ubah arah keluar anginnya. Pindah ke sisi kanan kursi ada sandaran tangan yang bisa dibuka guna mengambil meja kecil.

Setelah beberapa saat memulai perjalanan, pramugari yang bertugas akan keliling ke tiap kursi penumpang untuk menanyakan menu makan siang.

Ada banyak pilihan makan yang ditawarkan , mulai dari Paket Ayam, Paket Babyfish, Paket Burung Malond, Paket Daging Gepuk, Paket Sate Maranggi dan paket Sop Iga.

Selain itu dia juga menawarkan dibuatkan mie cup instan, kopi atau teh lengkap dengan servis antar. Layanan ini juga bisa didapatkan dengan scan barcode pada pinggir kursi, yang mana kita bisa memesan makanan dan minuman dan akan diantar oleh pramugari bertugas.

Selama perjalan menuju, tim Kompas.com bisa tidur sejenak dan untuk getaran bus tidak terasa, namun beberapa kali teras goncangan saat melewati jalan tidak rata. Meski begitu, penumpang masih merasa nyaman.

Setelah beberapa jam perjalanan sekitar pukul 12.00 WIB, bus berhenti rest area KM 279 A Tol Batang-Semarang untuk makan siang di RM ibu Haji Cijantung dan diberikan waktu 30 menit untuk makan dan istirahat.

Sebelum turun, pramugari bus yang bertugas juga mengingatkan untuk membawa barang berharga, meski dilihat dari fasilitas keamanan ada CCTV pihaknya tetap meminta penumpang lebih berhati-hati.

Sekitar pukul 12.30 WIB, bus melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta dan selama perjalanan ini tim Kompas.com tertidur.

Sebagai informasi, karena perjalanan yang dilakukan di siang hari dan mendapat kursi depan, membuat penumpang merasakan sedikit panas tapi ini tidak menjadi masalah, karena dekat jendela disediakan gorden untuk menghalau sinar matahari masuk.

Bus ini memiliki fasilitas cukup lengkap, di antaranya AC, layanan kopi, teh dan mie instan cup, AVOD, Wifi, USB Plug, toilet, snack, layanan makan, selimut, bantal dan Layanan pramugara/i.

Untuk bus ini juga terdapat 3 kelas yang berbeda, First Class, Super Executive Class dan Executive Class, membuat penumpang memiliki banyak pilihan.

Setelah 2 jam perjalanan, sekitar pukul 14.30 bus sudah sampai di Kartasura dan tim Kompas.com mengakhiri perjalanan di Kartasura, ini lebih cepat dari waktu sampai yang tertera di tiket.

Secara garis besar, dengan harga tiket di laman resmi Rp 400.000 penumpang bisa mendapat fasilitas lengkap, nyaman dan layanan yang baik. Apalagi Bus Unicorn Indorent memiliki ketepatan waktu yang baik, menjadi nilai plus saat melakukan perjalanan jarak jauh.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/23/091200015/impresi-naik-bus-unicorn-indorent-dari-jakarta-ke-kartasura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke