Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Hujan, Pengemudi Perlu Waspada Bahaya di Balik Genangan Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan turun, genangan air menjadi pemandangan yang sering dijumpai di banyak jalan. Kondisi ini bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga membawa berbagai risiko bagi para pengemudi.

Selain aquaplaning, genangan air juga dapat menyembunyikan lubang atau kerusakan jalan lainnya. Hal ini sangat berbahaya karena pengemudi mungkin tidak melihat kerusakan tersebut dan bisa saja menabrak atau terperosok ke dalam lubang, menyebabkan kerusakan pada kendaraan dan potensi kecelakaan serius.

Air yang masuk ke dalam komponen mesin atau sistem listrik mobil juga dapat menyebabkan kerusakan yang memerlukan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

"Pengemudi harus selalu berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melewati genangan air. Ban harus dalam kondisi baik dan tidak aus, karena ban yang sudah tipis tidak mampu membuang air dengan efektif dan meningkatkan risiko aquaplaning," kata Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada Kompas.com, Sabtu (6/7/2024).

"Jika memungkinkan, hindari genangan air yang terlalu dalam karena bisa menyebabkan air masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan serius," katanya lagi.

Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan, pengemudi disarankan selalu waspada dan mengurangi kecepatan saat hujan atau ketika melihat adanya genangan di jalan.

Penting juga untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, agar memiliki waktu reaksi yang cukup jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Memeriksa kondisi ban secara rutin dan memastikan bahwa sistem rem berfungsi dengan baik juga menjadi langkah pencegahan yang penting.

Dengan langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan pengemudi dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan saat mengemudi di kondisi hujan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/06/164200815/sering-hujan-pengemudi-perlu-waspada-bahaya-di-balik-genangan-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke