Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Crumple Zone pada Kendaraan

SOLO, KOMPAS.com - Crumple Zone merupakan salah satu inovasi penting dalam industri otomotif, khususnya mobil di mana dirancang untuk meningkatkan keselamatan penumpang dengan cara yang efektif.

Philardi Sobari, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, crumple zone ini merupakan salah satu poin penting dalam rancang bangun kendaraan.

Philardi mengatakan, crumple zone ini dirancang untuk menyerap energi kinetik pada saat terjadi tabrakan agar tidak tersalurkan ke dalam kabin.

“Namun, tentu crumple zone ini tidak bekerja sendiri dalam memberikan proteksi kepada penumpan tetapi juga bekerjasama dengan berbagai perangkat keselamatan pasif atau aktif lainnya seperti Airbag maupun Toyota Safety Sense,” kata Philardi kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Philardi juga mengatakan, meski kendaraan yang dikembangkan sudah memiliki crumple zone, pengemudi juga tetap harus menaati peraturan lalu lintas.

“Pengemudi juga diharapkan bisa selalu mengikuti peraturan lalu lintas yang berlaku demi meminimalisir angka kecelakaan,” katanya.

Sementara hal serupa juga dikatakan oleh, Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, fitur keselamatan ini pasif jadi pengemudi juga perlu berhati-hati dalam mengemudi.

“Bahasa teknisnya bodi dibuat sistem Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) yang meredam energi secara efisien dan mempertahankan keutuhan kabin saat terjadi benturan,” kata Muchlis.

“Tapi semua fitur keselamatan sifatnya pasif, yang paling penting ya konsentrasi dalam berkendara,” lanjut Muchlis.

Sehingga dapat disimpulkan, meskipun sudah ada fitur keselamatan pengemudi juga masih harus menaati peraturan lalu lintas, karena crumple zone sifatnya hanya mengurangi benturan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/06/114200715/pentingnya-crumple-zone-pada-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke