Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Sebut AS Butuh Indonesia Soal Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam kemajuan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dunia.

Pasalnya, berbagai negara saat ini khususnya Amerika Serikat (AS) berencana meningkatkan populasi kendaraan ramah lingkungan berbasis baterai. Bahkan, sampai 11 kali lipat di 2030 mendatang.

Demi mencapai target tersebut, tentu dibutuhkan sumber pemasok bahan baku yang sangat besar. Sementara Indonesia memiliki faktor dimaksud, sehingga membuat Tanah Air mempunyai peranan penting.

“Saya katakan, tidak mungkin kalian (Amerika Serikat) bisa meningkatkan (EV) 11 kali dari apa yang ada sekarang tanpa Indonesia. Karena Indonesia mengontrol, mungkin lebih dari 70 persen daripada nikel ore dunia,” kata Luhut dikutip Jumat (21/6/2024).

AS disebut butuh untuk bekerja sama dengan negara lain untuk menambah jumlah mobil listrik, karena teknologi smelter atau fasilitas pengolahan hasil tambang yang dimiliki sudah usang.

Dibandingkan dengan China, teknologi smelter AS bahkan sudah tertinggal sembilan tahun.

“Terlepas daripada uang, dari segi teknologi, kalian (AS) ketinggalan sembilan tahun, dan ini diakui oleh Tesla,” ucapnya.

Luhut menyebut, saat ini Amerika Serikat mulai menerapkan kebijakan Inflation Reduction Act (IRA) yang akan berpengaruh pada perlakuan diskriminatif yang didapatkan produksi nikel Indonesia di mata dunia.

Meski demikian, sebagai negara yang memasok sebagian besar pasokan nikel dunia, ia yakin Indonesia memiliki peran penting dalam perkembangan ekosistem EV dunia.

Oleh karena itu, dirinya berulang kali menegaskan bahwa Indonesia memiliki pendirian dan tidak dapat diatur oleh negara mana pun.

“Kita harus ofensif juga kepada mereka (AS), katakan, 'hei, kita ini bukan negara yang kau bisa atur-atur saja. Kita (Indonesia) juga punya pendirian karena kita harus survive',” tegasnya.

Indonesia sebagai pemasok nikel menjajaki kerja sama dengan berbagai negara. Kerja sama paling potensial adalah dengan China.

Saat mengunjungi China beberapa waktu lalu, Luhut menyoroti proyek antara Contemporary Brunp Lygend Co Ltd (CBL) dengan Indonesia Battery Corporation (IBC) di Buli, Maluku Utara.

"Saya harap NDRC (National Development and Reform Commission China) dapat mendukung kerja sama antara CBL dan IBC untuk produksi battery materials dan proyek battery recycling di kawasan industri Buli, Maluku Utara,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/21/184100815/luhut-sebut-as-butuh-indonesia-soal-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke