Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Kemoceng Bisa Cegah Kucing Naik ke Kap Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang suka naik ke kap akan meresahkan pemilik mobil. Sebab ditakutkan kuku kucing yang tajam bisa menggores cat.

Salah satu cara yang masih dilakukan pemilik mobil ialah menaruh kemoceng atau alat pembersih debu dari bulu ayam. Kemoceng dipercaya dapat membuat kucing malas "nongkrong" di kap mobil.

Menanggapi hal tersebut, drh. Rudal Jetta Bayusalaksa, MSc, dari Kit Kat petshop and petcare, Yogyakarta, mengatakan, menaruh kemoceng buat menangkal kucing naik ke atas mobil hanya mitos.

"Apakah benar menaruh kemoceng bisa mencegah kucing naik ke kap mesin, bagaimana dari sudut pandang kedokteran? tidak ada, ini hanya mitos," ujar Jetta kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2024).

"Sebab kucing juga tidak takut kepada kemoceng. Jadi biasanya malah buat mainan. Kalau dari sudut pandang kedokteran itu tidak benar," katanya.

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian, mengatakan, cara paling ampuh mencegah kucing naik ke atas mobil ialah dengan menggunakan suara dan bau yang menyengat.

Cara pertama ialah memasang suara ultrasonic yang ada di aplikasi handphone. Suara melengking membuat kucing tak nyaman dan dengan begitu kucing akan menghindar.

Kemudian untuk bau, pemilik mobil bisa juga menggunakan bumbu dapur yang menyengat seperti merica, lada, daun mint dan buah lemon. Karena itu semua membuat kucing tidak nyaman.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan spray anti nyamuk yang beraroma lavender atau rosemary.

“Semprotkan cairan tersebut ke atas mobil, ini akan membuat kucing tidak suka dengan aromanya,” kata Christopher.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/19/070200515/mitos-atau-fakta-kemoceng-bisa-cegah-kucing-naik-ke-kap-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke