Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alex Rins Sebut Masalah Motor Yamaha Sama seperti Suzuki 2017

Rins sudah menyampaikan keluhan tersebut pada insinyur Yamaha. Tim sedang bekerja keras untuk memperbaiki hal tersebut. Ironisnya, dulu Yamaha dikenal sebagai pabrikan motor yang paling mudah dikendarai.

“Cukup sulit bagi kami untuk berbelok. Cukup familiar, seperti pada 2017 (di Suzuki). Saat kali kedua saya coba (Yamaha), saya mengomentari hal ini kepada teman-teman dan sepertinya mereka sedang mengerjakannya,” kata Rins dilansir dari Crash, Jumat (7/6/2024).

Rins menjelaskan, waktu itu Suzuki salah mengembangkan mesin untuk musim 2017. Hasilnya, mesin GSX-RR membuat gaya inersia terlalu besar saat motor di tikungan.

“Pada tahun 2016, salah satu titik lemah kami adalah traksi yang keluar dari tikungan. Jadi kami mengembangkan mesin yang lebih halus dengan karakteristik yang diharapkan dapat membantu pebalap di area tersebut,” katanya.

“Awalnya sepertinya membantu. Namun, sepanjang musim, kami menyadari bahwa mesin ini menimbulkan masalah di area lain, seperti saat menikung. Hal ini menciptakan masalah di beberapa trek,” katanya.

Hal sama juga terjadi pada motor Yamaha saat ini. Motor mengalami kesulitan saat menikung dan kehilangan traksi. Hal yang pernah disebutkan Valentino Rossi saat dia akan pensiun di tim satelit Yamaha.

Pebalap asal Spanyol tersebut mengatakan, tim harus meningkatkan kemampuan elektronik untuk mengatasi hal tersebut sebab inti dari masalah di tikungan ini berasal dari mesin.

“Masalah yang kami hadapi saat ini lebih berasal dari mesin dibandingkan elektronik,” kata Rins.

Kabar baiknya bagi Yamaha adalah tidak seperti Suzuki di tahun 2017, pabrikan asal Jepang itu dapat mengubah desain mesin sepanjang musim sebagai bagian dari paket konsesi baru.

“Tetapi, untuk membuat mesin yang berbeda di tengah musim itu sulit! Sangat mudah untuk mengambil jalan yang salah,” kata Rins.

Sampai hal itu tercapai, Rins dan rekan setimnya Fabio Quartararo coba melakukan kompensasi kurangnya tikungan dengan pengaturan motor dan aerobody.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/07/094200415/alex-rins-sebut-masalah-motor-yamaha-sama-seperti-suzuki-2017

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke