Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Jepang Belum Bisa Pastikan Pengiriman Kembali Yaris Cross

JAKARTA, KOMPAS.com - Chairman Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda memutuskan untuk menangguhkan atau menghentikan sementara produksi dan distribusi Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross pada Senin (3/6/2024).

Keputusan tersebut terpaksa diambil setelah perusahaan terbukti melakukan penyimpangan atas pelaporan sertifikasi untuk enam kategori uji keselamatan usai dilakukan investigasi sejak 23 Januari 2024.

"Sebagai orang yang bertanggung jawab atas Toyota Group, saya sampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya," kata Toyoda dalam konferensi persnya.

Selama penghentian sementara ini, Toyoda mengatakan, bahwa pihaknya yang mencakup seluruh bagian Toyota Group, akan melakukan tinjauan kembali untuk semua proses produksi sebelum dikirimkan ke masyarakat luas.

Serta, turut melakukan komunikasi rutin bersama Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi Jepang (MLIT).

Namun dalam kesempatan terkait, Toyoda belum bisa memastikan waktu yang diperlukan untuk menuntaskan skandal dimaksud dan kapan Yaris Cross Cs itu bisa mulai didistribusikan kembali.

"Dalam penyelesaiannya tentu kita memerlukan waktu. Tapi saya pastikan hal ini akan diselesaikan secepatnya dan saya sendirilah yang akan memimpin perbaikan atas Toyota Group," kata Toyoda.

"Jadi saat ini saya belum bisa memastikan dimulainya waktu pengiriman unit. Kita akan terus berkomunikasi kepada seluruh pihak terkait untuk selesaikan masalah ini," lanjutnya.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa kendaraan yang sudah dikirimkan ke konsumen masih bisa digunakan secara normal untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab masalah bukan pada sisi teknis melainkan sertifikasi saja.

"Saya bisa pastikan bahwa mobilnya sendiri tidak mengalami masalah. Tetapi kita tetap harus mengikuti aturan," ucap Toyoda.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/04/134100215/toyota-jepang-belum-bisa-pastikan-pengiriman-kembali-yaris-cross

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke