Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Review Lengkap Haval H6 HEV, Bahas Desain hingga Biaya Kepemilikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Haval H6 HEV resmi diperkenalkan oleh Great Wall Motor (GWM) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Sport utility vehicle (SUV) asal negeri Tiongkok ini dibanderol dengan harga Rp 595,8 juta.

Haval H6 HEV tidak hanya dibekali dengan tampilan sporty, namun juga teknologi hibrida, dan fitur keselamatan yang mumpuni untuk menunjang pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Bagi Anda yang sedang mencari SUV medium berteknologi hibrida, bisa mempertimbangkan Haval H6 HEV.

Pertama dari sisi dimensi, Haval H6 HEV memiliki panjang 4,683 mm, lebar 1,886 mm dan tinggi 1,730 mm dengan wheelbase 2,738 mm. Mobil ini memiliki ground clearance 175 mm.

Dimensi tersebut tidak jauh berbeda dengan Honda CR-V, perbedaanya ground clearance yang ditawarkan SUV Jepang itu lebih tinggi, yakni 198 mm.

Jika melihat bagian depan, fascia mobil ini didominasi dengan gril krom yang membentuk trapesium dengan tambahan tulisan Haval. Sementara sudut kiri dan kanan terlihat aksen garis yang tampak menyerupai kumis.

Karakteristik SUV makin diperkuat dengan bumper yang cukup tebal serta rumah foglamp yang membentuk sudut tajam.

Pada sektor pencahayaan, Haval H6 HEV sudah dibekali dengan lampu LED, daytime running light (DRL), yang dibuat agresif dan menyipit.

Berlanjut ke bagian samping, tampilan Haval H6 HEV tampak begitu gagah namun minimalis. Tak banyak lekukan pada body, hanya garis tegas yang memanjang.

Menyoal kaki-kaki, SUV asal negeri Tiongkok ini sudah dilengkapi dengan pelek 19 inci yang dibalut ban dengan profil 225/55.

Berlanjut ke bagian belakang, tampak spoiler yang cukup besar di bagian atap dipadukan dengan kaca yang melandai. Emblem Haval di bagian buritan juga cukup menarik perhatian dipermanis dengan garis krom dan lampu LED.

Dari sisi interior, kabin Haval H6 HEV didominasi dengan perpaduan warna hitam dan beige. Pada beberapa bagian juga disematkan aksen rose gold, seperti pada setir, door trim dan dasbor.

Bagian jok menggunakan bahan kulit dengan layout kursi menopang badan pengendara dengan baik. Selain itu, untuk kursi bagian depan juga sudah dibekali dengan electric seat untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Sejumlah bagian di dasbor dan instrumen pada bagian tengah juga sudah menggunakan material soft touch, termasuk pada arm rest sisi pengendara, penumpang depan, dan penumpang di baris kedua.

Untuk bagian setir dibalut dengan kulit yang dilengkapi dengan audio dan bluetooth control switch. Pengaturan setir lengkap dengan tilt dan telescopic.

Berbagai fitur penunjang standar juga sudah bisa dinikmati pada Haval H6 HEV, seperti AC otomatis, wireless charging, USB charger, cup holder, dan kompartemen untuk menaruh barang baik di konsol tengah, maupun sisi pintu pengemudi dan penumpang.

Bicara soal sistem entertainment, Haval H6 HEV dibekali layar head unit 12,3 inci yang ditunjang dengan delapan speaker serta sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu pengaturan suhu AC, dan informasi seputar kendaraan bisa diakses melalui head unit tersebut.

Pengemudi juga dapat mengoperasikan head unit, seperti mengganti saluran audio, atau menaikan dan menurunkan volume, melalui kemudi.

Haval H6 HEV juga sudah dilengkapi dengan wireless charging. Sehingga pengemudi bisa dengan mudah melakukan pengisian daya untuk handphone saat berkendara.

Adapun dari segi keamanan dan keselamatan, Haval H6 HEV mendapat fitur ADAS yang cukup lengkap, mulai dari Wisdom Dodge System (WDS), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Center Keeping (LCK), Lane Change Assistant (LCA).

Ada juga Blind Spot Detection (BSD), Auto Reversing Assistance (ARA), Rear Collision Warning (RCW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Rear Cross Traffic Braking (RCTB).

Selain fitur ADAS, Haval H6 HEV juga sudah dibekali fitur keamanan standar. Mulai dari Front and Rear sensors, 360 surrounding camera, Electronic Stability Program (ESP), Traction Control System (TCS), Auto Emergency Braking + Intersection (AEBI), Emergency Signal System (ESS), Brake Assist System (BA), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan masih banyak lagi.

Lantas bagaimana dengan rasa berkendara Haval H6 HEV?

Saat berada di kecepatan rendah, mobil begitu senyap, tidak ada suara deru mesin, karena kerja awal didukung dengan motor listrik. Hingga memasuki kecepatan 10 Km per jam, baru terdengar deru mesin 1.499 cc.

Melewati jalan yang senggang, mulai menginjak pedal gas, daya yang dihasilkan pada putaran bawah terasa mantap. Tak heran, sebab mobil ini dibekali dengan torsi yang besar sehingga laju yang dihasilkan juga responsif. Perpindahan gigi cukup halus, tanpa ada efek jeda.

Menginjak pedal gas lebih dalam putaran tenaga tengah sampai atas terasa terus mengisi. Ingin merasakan secara penuh performa Haval H6 HEV, langsung menggunakan mode sport. Hasilnya, tenaga jauh lebih melimpah.

Meski memiliki dimensi yang cukup bongsor, tak membuat Haval H6 HEV kesulitan menyalip beberapa kendaraan. Dari handling, mobil ini juga terbilang cukup baik. Ketika berbelok pada kecepatan 40 Kpj, ayunan bodi terasa lebih rigid, minim gejala body roll. Hanya saja bantingan suspensi cukup keras, namun masih dalam tahap wajar.

Data di atas kertas, Haval H6 HEV mengusung mesin 1.499 cc 4 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 147 Tk pada 5.500-6.000 Rpm, dan torsi maksimal 230 Nm pada 1.500-4.000 Rpm. Mesin bensin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 174 Tk dan torsi 300 Nm.

Menyoal konsumsi bahan bakar, Haval H6 HEV bisa dibilang cukup irit. Selama beberapa hari mencoba di jalur perkotaan, melewati macetnya jalan Ibu Kota pada jam masuk kantor, konsumsi BBM rata-rata bisa mencatatkan 7,1 liter/100 Km atau 14 kilometer per liter (Kpl) setelah menempuh jarak 62,7 Km.

Namun, tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Sementara soal biaya kepemilikan Haval H6 HEV hingga 100.000 Km atau usia pemakaian 5 tahun, menyentuh angka Rp 18.087.885, atau pemilik harus mengeluarkan dana sekitar Rp 1.843.131 per bulannya.

Angka tersebut sudah meliputi biaya konsumsi bahan bakar selama 5 tahun, perawatan atau servis kendaraan. Namun belum termasuk biaya pajak kendaraan bermotor (PKB) per tahunnya, mengingat mobil ini merupakan pendatang baru di Tanah Air.

Singkatnya, Haval H6 HEV bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mengincar mobil SUV medium dengan desain sporty dan berteknologi hibrida.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/13/080200015/review-lengkap-haval-h6-hev-bahas-desain-hingga-biaya-kepemilikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke