Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terminal Jatijajar Terapkan Sistem Boarding Pass seperti di Bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, telah menerapkan sistem boarding pass seperti di bandara dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun ini.

Oleh karena itu penumpang yang sudah punya tiket baik itu beli online atau langsung ke agen masih harus melakukan langkah ini sebelum naik ke bus. 

Dudi, kordinator operasional Terminal Jatijajar mengatakan, sistem boarding pass seperti di bandara ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan standar pelayanan terminal bus agar lebih nyaman dan aman bagi penumpang. 

"Mirip seperti calon penumpang ingin naik pesawat bandara, penumpang bus harus melakukan boarding pass pada mesin yang ada di ruangan samping meja pusat informasi. Penumpang hanya perlu mamasukan data sesuai yang tertera pada tiket yang sudah dipesan, setelah itu akan diberikan QR Code dan bisa langsung di cetak pada mesin tersebut," kata Dudi kepada Kompas.com,Senin (2/4/2024). 

Nantinya dengan kertas QR Code tersebut penumpang baru bisa masuk ke area steril untuk keberangkatan. Sebab pada area tersebut telah terpasang pagar mesin tab yang mana baru bisa terbuka apabila telah menujukkan QR Code.

Maka dari itu tidak sembarang orang bisa masuk area tersebut, hanya penumpang dengan QR Code saja yang bisa masuk.

"Sistem ini juga bisa menghindari tindak percaloan tiket bus dan oknum-oknum yang punya tujuan tidak baik berkeliaran di area terminal. Sebab pada QR Code pihak teminal langsung mendata indentitas penumpang. Selain itu dengan boarding pass akan lebih tertib," kata Dudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/02/180100715/terminal-jatijajar-terapkan-sistem-boarding-pass-seperti-di-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke